Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Hydrocotyle Sibthorpioides, Cantik Untuk Aquascape Bisa Juga Dipakai Untuk Herbal


Hydrocotyle Sibthorpioides atau disebut juga Semanggi Gunung dikutip dari wikipedia adalah tumbuhan berkhasiat obat. Di alam tumbuhan ini tumbuh merayap dengan batang lunak yang tumbuh subur di tempat lembap, terbuka maupun teduh, mulai dari pinggir jalan, selokan, lapangan rumput hingga pada ketunggian 2.500 meter di atas permukaan laut.

Hydrocotyle sibthorpioides ini adalah tanaman kecil asli dari Asia Tenggara. Jika kondisi alamnya tepat, tanaman ini akan bisa tumbuh dengan cepat dalam jumlah yang besar. Hydrocotyle sibthorpioides ini berasal dari Asia Tenggara dan perlahan menyebar ke Amerika Serikat dan tempat-tempat lain di seluruh dunia.

Dan Karena cukup bisa mentolelir keadaan lingkungan, tanaman ini bisa tumbuh di berbagai habitat, dan terkhusus di Asia, tanaman ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan. Seperti misal di Nepal, Hydrocotyle sibthorpioides digunakan untuk mengobati asma. Sedangkan Penduduk desa Bengali menggunakan seluruh bagian dari tanaman ini untuk membantu menyembuhkan patah tulang. Selain itu, ekstrak tumbuhan juga telah digunakan untuk mengobati edema atau demam, sakit tenggorokan, psoriasis , hingga penyakit berbahayaseperti virus hepatitis B.

Penggunanaan tanaman ini untuk herbal dinilai aman karena ekstrak tanaman ini dikonfirmasi bebas dari toksisitas hingga dosis 2000 mg / kg yang telah diujicobakan pada tikus. Berikut adalah video pada saat saya hunting tanaman Hydrocotyle Sibthorpioides di alam. Simak videonya sampai selesai ya. 

Hunting Tanaman Aquascape Hydrocotyle Sibthorpioides di Alam

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar