Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Sekilas Tentang Apu-apu, Dari Dianggap Gulma, Khasiatnya, Hingga Fungsinya Pada Aquascape


Tanaman air apu-apu, atau disebut juga kayambang, kiambang, atau banyak lagi sebutan lainnya, merupakan jenis gulma air yang tumbuh mengapung dan banyak ditemukan di area basah seperti persawahan, kolam, sampai parit parit di sekitaran mata air. 

Apu-apu seringkali dianggap sebagai gulma baik oleh petani ataupun peternak ikan karena pertumbuhan tanaman ini sangat cepat dan mengakibatkan ketidakseimbangan. Bagi para petani, daun apu-apu yang lebar membuat pupuk yang ditebar sulit untuk sampai ke tanah, pupuk yang terhalang dan tak sampai ke tanah tentu tidak akan dapat diserap oleh padi atau tanaman budidaya lainnya. Dengan demikian apu-apu jelas sangat mengganggu. Dan bagi peternak ikan atau pemilik kolam, apu-apu yang tumbuh tidak terkontrol secara cepat akan menutupi permukaan kolam, dan karena hal tersebut ikan-ikan akan kekurangan oksigen dan sinar matahari.

Namun demikian, tumbuhan yang dikenal dengan nama water lettuce dalam bahasa inggris yang berarti kubis air atau selada air ini juga memiliki kegunaan bagi para peternak ikan hias seperti cupang, guppy, molly, dan sejenisnya, apu-apu berguna sebagai sarana perkembangbiakan ikan-ikan tersebut yaitu untuk meletakkan telur-telurnya.

Selain itu, apu apu juga memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan sekitar dan bagi kesehatan manusia diantaranya seperti yang saya kutip dari web Himasuperindo manfaat apu-apu adalah sebagai berikut :

- Daun kayu apu yang mengandung protein yang tinggi dimanfaatkan oleh ikan gurami dewasa untuk makanan.

- Dapat digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan lumut di kolam ikan.

- Sebagai pembersih air, menyerap limbah akibat pencemaran bahan radioaktif dan logam berat yang terdapat di dalam air.

- Dijadikan obat untuk kesehatan :

daun kayu apu mengandung flavonoid, polifenol, tannin. sehingga dapat dimanfaatkan menjadi obat : Flu, demam, batuk rejan, pegal-linu (reumatism), bengkak terbentur (memar), bengkak (edema), kencing terasa nyeri (disuria), kencing nanah, gatal alergi (urtikaria), gatal-gatal (pruntus), disentri, penyakit kulit seperti bisul dan eksim.

Saya pribadi menggunakan tanaman ini pada aquascape karena memang memiliki beberapa fungsi. Mau tahu apa fungsi apu-apu pada aquascape? Berikut adalah video ketika saya hunting tanaman apu-apu untuk aquascape, Simak videonya sampai selesai ya.


Hunting Tanaman Aquascape Apu-apu di Alam

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar