Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Antara Berbagi Takjil dan Sendi Kehidupan

Persiapan berbagi takjil

"Permisi Pak, ini buat takjilnya, Pak"

"Oh iya, nuhun ya Neng," sahut seorang bapak kala menerima bingkisan takjil berupa sop buah, yang diberikan salah seorang anggota OSIS SMPN 1 Cibugel, Tania, sore kemarin.

"Buu, foto kita dong buu, hehe" salah seorang siswi lainnya melambaikan tangan dengan senyum semringahnya. Silvi  namanya, sang Ketua OSIS yang kini menjadi salah satu siswi di kelas 8b. Saya jawab itu dengan senyum dan anggukan. Dengan mengalihkan angel kamera handphone ke arah jalan, cekrek-cekrek, dan permintaannya pun terlaksana.

Senang rasanya, bisa mendampingi mereka membagikan takjil gratis di hari itu. Bagaimana tak bahagia, seyogyanya saya adalah guru baru di sekolah ini, Seminggu pun belum genap tapi anak-anak begitu  terbuka dan cepat akrab, gap pemisah antar wajah yang baru bertemu tatap ini pun serasa hampir tak ada, saya merasa begitu diterima. Yap, Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik buat saya kedepannya.

Sop buah siap dibagikan

Oh ya, selain Silvi dan Tania, beberapa siswi dan siswa lain yang ikut bergabung dalam pembagian takjil gratis ini antara lain adalah Dahlia, Ani, Windi, Intan, Hoirunnida, Cindi dan beberapa lainnya yang saya tak ingat namanya, karena belum hapal benar semuanya  merupakan anggota OSIS, siswa siswi kelas 8 dan kelas 7.

Dan tak butuh waktu lama, 100 cup sop buah sukses mereka bagikan pada pengendara sepeda motor dan mobil yang lewat depan sekolah. Saya menangkap optimisme dan keikhlasan dari raut-raut ceria yang terlihat di sore yang cerah itu. Apalagi, sebelum takjil dibagikan, Dahlia terlebih dulu memutar lagu religi di hp yang tersambung ke sebuah speaker, di beranda sekolah. Hmmm, tawa ceria anak didik dalam kegiatan sedekahnya, dalam semilir angin sore dibalut lagu religi pun juga berpayung lembayung, syahduuu benar.

Berbagi takjil depan sekolah

Silvi bercerita, kegiatan berbagi takjil yang termasuk dalam rangkaian program OSIS ini baru pertama kali dilaksanakan. Adapun pembiayaannya diambil dari kas OSIS yang merupakan sumbangan dari seluruh siswa siswi SMPN 1 Cibugel. "Alhamdulillah, Bu. Ini sumbangan dari teman2, sehingga kita bisa mengadakan kegiatan positif seperti ini," ujar Ketua OSIS yang baru saja dilantik per Tanggal 25 Maret 2019 itu.

Dan untuk kegiatan selanjutnya, Silvi mengatakan bahwa OSIS SMPN 1 Cibugel akan mengadakan lomba kebersihan antar kelas. Hmmm, mudah-mudahan, nanti saya bisa kembali ikut mendampingi, berpartisipasi dalam kegiatan positif ini.

Well, dari keseruan berbagi takjil kemarin, sebetulnya saya sungguh terharu dan mengambil pelajaran, betul, kegiatan anak-anak ini telah mengingatkan saya kembali pada ilmu dasar kehidupan, dimana orang dewasa justru banyak yang telah melupakan, tentang optimisme, persahabatan, kerjasama, berbagi, keikhlasan, keceriaan, yang kesemuanya adalah sendi-sendi kehidupan, untuk mencapai suatu kebahagiaan.

Note :  Post dengan label "Catatan Bu Guru" adalah artikel milik istri saya. Jadi hadirin diharap tidak mengernyitkan dahi jika admin blog ini berubah jadi "Ibu" di setiap post yang berlabel "Catatan Bu Guru" 😁😁

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar