Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Kantor Desa Sukaraja, Kab. Sumedang

Kantor Desa Sukaraja, Kecamatan Cibugel, Kab. Sumedang 

Alamat : Jalan raya Cibugel - Cipasang
Email   : dssukaraja@gmail.com

Desa Sukaraja adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Desa ini  berjarak kira-kira 3,5 KM dari pusat Kecamatan Cibugel dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Darmaraja.

Pemberian nama "Sukaraja", karena konon dulunya merupakan hasil musyawarah tokoh masyarakat Cibugel, dengan mempertimbangkan mitos-mitos dan didukung dengan adanya makam keramat baik leluhur Sumedang maupun leluhur luar wilayah Sumedang. Dengan adanya makam leluhur tersebut, ini memunculkan padanan kata 'kesukaan para raja' sehingga diambil nama Sukaraja sebagai nama desa ini.

Secara geografis, wilayah Desa Sukaraja berbatasan langsung dengan Desa Tamansari dan Desa Ranggon Kecamaran Darmaraja di sebelah utara, Desa Sukapura Kecamatan Wado dan Desa Cipasang di sebelah timur, Desa Jayamandiri di sebelah selatan serta Desa Cibugel di sebelah barat.
Secara administratif, Desa Sukaraja ini terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun Cisetra, Dusun Kebonkopi dan Dusun Cibanen. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak tiga RW dan 21 RT.

Adapun desa/kelurahan lainnya yang berada di lingkup Kecamatan Cibugel adalah :  

- Desa Buana Mekar
- Desa Jaya Mekar
- Desa Cipasang
- Desa Tamansari
- Desa Cibugel
- Desa Jaya Mandiri

Bagi sobat yang ingin menambahkan informasi lainnya tentang Desa Sukaraja, Kecamatan Cibugel, bisa menyampaikannya di kolom komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar