Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Tentang Gunung Surian

Waduk Jatigede masih dalam tahap pengisisan, Gunung Surian masih utuh belum terendam
By facebook.com/groups/tandang/

Tentang Gunung Surian, Sumedang - Sobat, pernah berkunjung ke Waduk Jatigede Sumedang? Jika iya, sobat pasti akan melihat sebuah pulau kecil di area genangan waduk. Mendatangi bendungan Jatigede dari arah manapun, terutama dari daerah hulu bendungan, gugus daratan tersebut akan terlihat dengan jelas. Daratan tersebut sejatinya bukanlah sebuah pulau, melainkan sebuah gunung yang terendam.

Gunung Surian, adalah nama gunung tersebut. Sebelum bendungan Jatigede diairi, Gunung Surian berwujud sebuah bukit yang berada di sekitaran Desa Jemah, dan berada sangat dekat dengan aliran sungai Cimanuk. Saat Jatigede digenangi, bukit dengan ketingggian 315 meter (menurut data geoview.info) di atas permukaan laut itu tidak terendam seluruhnya. Itu menjadikan kira-kira seperempat bagiannya muncul ke permukaan dan tampak seperti sebuah pulau.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Tentang Gunung Surian" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2016/10/tentang-gunung-surian.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar