Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Black Ghost, Hantu Hitam Yang Eksotis

Ikan Black Ghost
Ikan Black Ghost
Black Ghost, namanya sih terdengar menyeramkan ya, Hantu Hitam!!! Tapi bukan hantu menyeramkan yang saya maksud disini, melainkan ikan hias air tawar yang menurut saya sangat eksotis, cara bergeraknya di air berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Ya, Ikan Black Ghost atau Apteronotus albifrons adalah nama dari ikan hias air tawar yang habitat asalnya berasal dari sungai Amazon, Rio Paraguay, Brazil, Peru, Ekuador, Venezuela dan Guyana.

Saya katakan cara bergerak ikan ini berbeda dengan ikan yang lain karena jika kebanyakan ikan bergerak dengan sirip bagian samping, ikan ini justru bergerak dengan sirip bagian bawah yang seolah berkibar-kibar jika dia bergerak di dalam air. Itu membuatnya jadi seperti hantu yang terbang dengan warna hitam pekat! mungkin itu pula yang menjadikan ikan ini diberi nama dagang "Black Ghost", selain itu selain bisa bergerak maju juga bisa bergerak mundur, unik sekali kan ??!

Selain itu hal tersebut masih ada keunikan lainnya yaitu ikan ini mampu menghasilkan arus listrik lemah (< 1V/cm) dengan frekuensi medan listrik antara 0.1 - 10 kHz, fungsi dari listrik ini bukan untuk mempertahankan diri ataupun berburu makanan seperti belut laut, namun listrik ini digunakan untuk mengenali objek disekitarnya dan untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Hhanya kadang fungsi listrik ini digunakan untuk mengejutkan ikan lain yang mencoba mendekati ekornya yang kecil mirip cacing. Bentuk ekornya ini memang tidak seperti ekor ikan lainnya, ekornya tanpa rumbai-rumbai dan hanya berbentuk batang yang kecil mirip cacing jadi kadang ekornya ini sering diisengi oleh ikan lain karena disangka sebagai calon mangsa.

Black ghost adalah ikan semi agresif, dimana kadang ia tidak mengganggu ikan lainnya di dalam aquarium, tapi kadang juga mengganggu ikan yang gerakannya lambat seperti ikan koki. Biasanya ikan Black Ghost ini mengganggu ikan lainnya dengan cara mengejar dan mengganggu ikan lainnya. Ukurannya tubuhnya bisa mencapai 50 cm  dengan panjang rata-rata sekitar 35 cm, namun untuk hias di aquarium biasanya dipilih yang tidak terlalu besar, antara 4-7 cm-an. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang pipih seperti pisau sehingga ia digolongkan kedalam ikan pisau (Knifefishes), dari kepala hingga ekor berbentuk pipih memanjang dengan warna tubuh hitam pekat dan bercak putih dibagian pangkal ekornya, lalu ada sedikit gurat kuning dibagian kepala.

Ikan Black Ghost Albino
Black Ghost sangat senang memangsa pakan hidup seperti cacing rambut karena ia tergolong ikan karnivora. Tapi saya pernah coba memberinya makan dengan cacing beku dan pelet ikan biasa, walaupun awalnya ogah-ogahan tapi akhirnya dimakan juga, menyesuaikan diri mungkin ya, tapi untuk menjaga agar warna kulitnya tetap hitam mengkilap sebaiknya sering-sering diberikan cacing rambut.

Secara umum ikan ini bersifat pemalu dan senang menyamarkan diri diantara batu yang besar ataupun kayu-kayu dalam aquarium, jadi jika ingin memelihara ikan Black Ghost ini disarankan agar batu dan kayu tersebut harus ada untuk membuatnya nyaman. Selain itu ikan Black Ghost senang menyusuri dasar aquarium yang berupa pasir untuk mencari remah-remah makanan dan senang meliuk-liuk diantara tanaman air, jadi ikan ini cocok juga untuk dipakai sebagai penghias aquascape. Oh ya, Ikan Black Ghost juga ada yang albino berwarna putih, tapi namanya tetap Black Ghost hehe.

Reff : o-fish.com - kaskus.co.id

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar