Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Salamander Axolotl, Naga Unik Dari Meksiko

Salamander Axolotl

Melihat gambar-gambar binatang ini banyak berseliweran di dunia maya, rasanya saya jadi teringat dulu sempat ingin sekali membeli binatang ini di salah satu pusat penjualan ikan hias di kota Bandung, namun karena satu dan lain hal saya tidak jadi membelinya.

Waktu itu saya sangat tertarik dengan binatang ini, sobat sendiri bagaimana kesannya melihat binatang ini?? Kalau saya pribadi pertama kali melihatnya langsung terkagum-kagum! Binatang ini sangat lucu dan unik, mulai dari wajah, bentuk tubuh, sampai warnanya sangat unik dan lain daripada yang lain.

Binatang ini bernama Salamander Axolotl (Ambystoma mexicanum), ia termasuk salamander yang bisa menghabiskan seluruh hidupnya dalam bentuk larva dan tidak berubah ke bentuk darat yang berbentuk seperti kadal. Di toko-toko ikan hias, salamander hias atau salamander air yang bernama Salamander Axolotl ini sering dipajang bersamaan dengan ikan hias lainnya.

Salamander Axolotl

Salamander Axolotl ini sering juga disebut “Mexican Walking Fish” karena ia terlihat seperti ikan namun mempunyai dua pasang kaki yang tampak bisa dipakai untuk berpijak dan berjalan di dalam air. Sebutan itu juga didapat karena ikan salamander ini memang berasal dari Mexico City. Namun ternyata sebenarnya, Salamander Axolotl ini bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander sesuai dengan namanya. Tubuh axolotl ini biasanya berwarna hitam atau coklat kepirangan, dan yang paling menarik menurut saya adalah yang albino berwarna merah muda dengan insang yang berwarna merah berada diluar lehernya.

Salamander Axolotl

Di habitat aslinya, Salamander Axolotl ini termasuk kedalam binatang langka yang hampir punah, ia dapat ditemukan di Danau Xochimilco dan Danau Chalco di Meksiko. Populasinya terancam karena danau tempatnya tinggal dibangun untuk mencegah banjir musiman yang mengakibatkan jumlah air di danau tersebut menyusut dan habitatnya terganggu.

Ukuran Salamander Axolotl ini relatif kecil yaitu antara 15 - 30 cm, dengan ukuran seperti itu ia tampak unik dan lucu untuk dipelihara dalam aquarium ukuran kecil. Insang yang berwarna merah dan berada diluar tubuhnya tampak seperti tanduk atau penghias yang berbentuk seperti api, didukung dengan tubuhnya yang memanjang dan memiliki kaki membuatnya dijuluki sebagai salah satu ikan naga.

Jika Axolotl ini bermetamorfosis kedalam bentuk darat yang menyerupai kadal, maka ia temasuk yang mempunyai umur panjang, ia dapat hidup hingga 10 - 15 tahun dan dapat tumbuh sampai dengan 60 cm. Axolotl senang memangsa ikan-ikan kecil, larva, cacing, sampai udang-udang kecil. Dengan demikian binatang ini sebaiknya tidak dipelihara bersamaan dengan ikan hias lainnya karena bisa memancing sifat agresif dari si Axolotl ini.

Walaupun telihat lucu, sebenarnya salamander ini termasuk jenis yang berbahaya dan beracun, namun bagi para pecinta binatang unik jangan khawatir dan menakutkan hal tersebut, karena jika kelenjarnya dibuang dengan benar maka hewan ini dapat dijadikan peliharaan yang unik dan lucu.

Salamander Axolotl

Selain bentuknya yang unik, keunikan Axolotl ini juga terletak pada proses metamorfosisnya, tidak seperti katak yang bentuk larvanya adalah kecebong lalu bisa bermetamorfosis menjadi katak dan ketika sudah menjadi katak ia tidak bisa bermetamorfosis kembali menjadi kecebong, maka lain halnya dengan Axolotl ini, ia dapat berubah bentuk sesuai kebutuhan, ia bisa bermetamorfosis ke bentuk darat menyerupai kadal bila dalam keadaan terpaksa (dalam artian sumber air ditempat hidupnya mengering), dan ia dapat bermetamorfosis kembali kedalam bentuk larva (bentuk awal) jika ketersediaan air ditempatnya hidup sudah kembali normal.

Masa hidup Axolotl banyak dihabiskan dalam air dan hanya sesekali saja muncul ke permukaan, tetapi ada juga yang menjelang dewasa dan bertambah besar tak pernah muncul lagi ke permukaan dan hanya tinggal di dasar selama hidupnya.

Keunikan lainnya dari Salamander Axolotl ini adalah ia dapat menumbuhkan kembali bagian tubuhnya yang terluka atau hilang, mulai dari taring, kulit, organ tubuh seperti insang dan kaki, sampai bagian dari otak dan tulang belakangnya yang terluka dapat ia sembuhkan dan sempurnakan kembali dengan sendirinya. Ini adalah kemampuan istimewanya, karena meskipun beberapa binatang mempunyai kemampuan beregenerasi seperti ini, hanya Salamander Meksiko yang dapat menumbuhkan kembali begitu banyak bagian tubuh yang berbeda di sepanjang hidup mereka.

Salamander Axolotl

Source : axolotl.org - 9buz.com - beardisthenewblack.com - kaskus.co.id - ok4me2.net - animalworld.tumblr.com - factismals.com - flickr.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar