Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Bandrek Dan Bajigur, Hangatkan Badan Di Musim Penghujan

Bandrek & Bajigur
Image By :
 ensiklopediaindonesia.com
Bandrek dan bajigur, apa sobat ada yang tahu dua minuman tradisional ini? kalau belum mari sejenak kita berkenalan dengan minuman khas tanah pasundan ini. Bajigur dan bandrek, ah nampaknya kedua minuman ini tidak dapat dipisahkan, dimana ada bajigur pastilah bandrek, bukan, maksudnya bukan mereka jodoh sehidup semati, melainkan dua minuman tradisional ini hampir selalu dijajakan secara bersamaan oleh pedagangnya, ya, kedua minuman ini seringnya dijajakan bersamaan jadi kita bisa memilihnya sesuai selera kita, jika sobat suka minuman yang sedikit "pedas" dan membuat plong tenggorokan sobat bisa memesan bandrek, tapi jika sobat suka minuman yang manis dan gurih sobat bisa coba memesan bajigur.

Musim hujan begini, adalah saat-saat yang cocok untuk menikmati kedua minuman khas Jawa barat ini, karena walaupun rasanya berbeda, kedua minuman ini mempunyai khasiat yang hampir sama yaitu menghangatkan tubuh dan me-recharge-nya supaya segar kembali. Memang apa perbedaan dari bandrek dan bajigur ini selain dari rasanya? tentu saja bahan-bahannya, ok langsung saja kita bahas kedua minuman tradisional khas tanah Sunda ini.

Minuman yang pertama adalah Bandrek, Bandrek adalah minuman tradisional Sunda yang kaya akan manfaat, biasanya minuman ini dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh di daerah yang dingin, malam hari, ataupun ketika musim hujan. Di daerah priangan yang didominasi pegunungan dan berudara dingin, minuman ini sangat bermanfaat untuk menghangatkan dan menjaga vitalitas tubuh, bandrek bisa menghangatkan tubuh karena berbahan dasar jahe yang dikenal mempunyai efek hangat, selain itu juga ada gula merah penghasil kalori yang bisa menambah tenaga. Selain kedua bahan utama tersebut, d idaerah tertentu ada juga yang suka menambahkan rempah-rempah lain yang dimaksudkan untuk menambah wangi dan menambah efek hangat dari bandrek ini, bahan lain yang biasa ditambahkan adalah pandan, serai, susu, sampai telur ayam kampung.

Dalam penyajiannya, segelas bandrek biasanya disertai sedikit irisan kelapa untuk menambah rasa gurih dan menambahkan sensasi "kriuk" ketika mengunyahnya, dengan berbagai rempah yang terkandung di dalamnya, selain untuk menghangatkan tubuh bandrek ini juga manjur untuk menghilangkan pusing, sakit tenggorokan, dan batuk. Karena bahan dasarnya adalah gula merah dan jahe, minuman ini berwarna coklat kemerahan.

Gerobak Bandrek & Bajigur
Image By :
 saatnyamakan.blogspot.com
Minuman yang kedua adalah bajigur, berbeda dengan bandrek yang bahan utamanya adalah gula merah dan jahe, bajigur ini bahan utamanya adalah gula merah dan santan, santan inilah yang memberikan rasa gurih seperti yang telah admin sebutkan diatas, dimana untuk menambah rasa gurihnya biasanya ada juga yang suka menambahkan sedikit garam dalam bajigurnya, sementara untuk menambah wanginya biasanya bajigur ini ditambahkan sedikit bubuk vanili, tapi tentunya penambahan garam dan vanili ini sesuai selera saja dan tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya di Jawa barat.

Perbedaan lainnya antara bajigur dan bandrek adalah campurannya, jika bandrek biasanya ditambah serutan kelapa, maka bajigur dalam penyajiannya biasanya ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam bahasa Sunda) yang diiris tipis. Jika kelapa menambah sensasi "kriuk" pada bajigur, maka kolang-kaling ini sedikit memberikan sensasi "kenyal" ketika kita mengunyahnya, warna minumannya berwarna putih karena ada campuran santan di dalamnya, jadi berbeda sekali kan kedua minuman tradisional ini? bandrek dan bajigur  juga biasa dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, singkong rebus, sampai gorengan. Terbayang bagaimana nikmatnya menyantap semua makanan tersebut dengan bajigur dan bandrek ketika udara dingin tiba.

Kedua minuman tradisional ini biasanya dijajakan pada sore hari atau menjelang malam, ia biasa disajikan dalam cangkir atau gelas biasa, namun jika sobat ingin menambah sensasinya bisa dicoba menikmatinya dengan meminumnya lewat batok kelapa, karena teh hangat saja bisa bertambah nikmat jika diminum melalui batok kelapa, maka demikian pula dengan kedua minuman tradisional ini. Seiring berjalannya waktu, sekarang ini bajigur dan bandrek juga sudah dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk dalam kemasan yang tinggal diseduh oleh air hangat, sangat praktis, namun tentunya tidak akan bisa menandingi kenikmatan bandrek dan bajigur yang benar-benar dibuat secara tradisional.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Bandrek Dan Bajigur, Hangatkan Badan Di Musim Penghujan" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/bandrek-dan-bajigur-hangatkan-badan-di.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar