Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Ucing Sumput, Petak Umpetnya Urang Sunda

Seorang Anak Yang Menjadi "Ucing"
Dalam Permainan Ucing Sumput, Image By :
kolomkita.viva.co.id
Ucing sumput, jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia ucing artinya  kucing, dan sumput artinya adalah bersembunyi, jadi ucing sumput adalah kucing yang bersembunyi...memang kenapa kok kucingnya bersembunyi? apa habis mencuri ikan? bukan, bukan begitu maksudnya, ucing sumput ini bukan gabungan dari kata ucing dan sumput melainkan nama salah satu permainan tradisional di Jawa Barat. Admin yakin di daerah lain juga ada permainan seperti ini, hanya mungkin namanya saja yang berbeda, secara umum permainan ini hampir sama dengan permainan petak umpet yang kita kenal, bedanya yang bagian jaga dalam permainan ucing sumput ini disebut dengan ucing.

Sedikit mengenang masa kecil, dulu admin paling suka dengan permainan yang satu ini, sayangnya karena admin boyot (lambat larinya) adminlah yang sering jadi bulan-bulanan dan jadi ucing nya terus. Cara bermain ucing sumput ini intinya sama dengan main kucing-kucingan dimana permainannya dimainkan oleh beberapa orang anak, makin banyak anak yang ikut bermain maka permainan akan semakin seru.

Permainan dimulai ketika anak yang menjadi ucing mulai berhitung sambil menutup matanya, hitungan tersebut dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada teman-temannya untuk bersembunyi, hitungannya berdasarkan kesepakatan saja, bisa 10, 15 ataupun 20 hitungan. Anak yang menjadi ucing biasanya menghitung waktu dan memejamkan matanya sambil menelungkupkan wajahnya ke tembok, pohon dan lainnya. Selama anak yang menjadi ucing menghitung dari angka 1 - 20 sambil menutup matanya, anak yang lain sebisa mungkin bersembunyi ke tempat yang paling aman yang kira-kira tidak akan diketahui oleh anak yang menjadi ucing. Setelah hitungan 1 - 20 selesai barulah anak yang menjadi ucing boleh mencari teman-temannya yang bersembunyi. 

Dia yang pertama menjadi ucing dalam permainan ini biasanya ditentukan dengan cara hompimpa ataupun dengan cara melagukan kata-kata ini "cang kacang panjang anu panjang ucing" atau "cang kacang panjang anu pondok ucing ", kata-kata tersebut dilagukan bersama-sama sambil meluruskan lalu menekuk lengannya berulang-ulang sampai lagunya selesai, lewat cara yang kedua ini anak yang meluruskan atau menekuk lengannya diakhir lagu bisa jadi ucing sesuai lagu yang dinyanyikan. Ketika permainan sudah berjalan, anak pertama yang diketahui persembunyiannya oleh ucing akan menjadi ucing dironde selanjutnya jika semua anak sudah diketahui persembunyiannya, karena jika semua anak sudah ketemu permainan akan diulang lagi dari awal.

Menariknya, ada anak yang bisa-bisa akan menjadi ucing terus dipermainan ini alias kebagian jaga terus dan tidak pernah kebagian bersembunyi, hal ini bisa terjadi karena permainan ini butuh kecepatan berlari, seperti telah admin sebutkan diatas anak yang menjadi ucing harus menghitung deretan angka di sebuah tempat, misal disebuah pohon, maka ketika permainan sudah berjalan ia harus tetap menjaga pohon tersebut tapi disisi lain dia juga harus mencari teman-temannya yang bersembunyi.

Ketika dia meninggalkan pohon tempat jaga-nya tersebut dan mencari temannya yang bersembunyi, pas ia menemukan salah satu temannya dia harus secepat mungkin berlari kembali ke arah pohon tempat jaga-nya lalu menyentuhnya dan meyebutkan nama temannya tersebut, misal "ISAL, UCING !!" atau " ISAL, HONG !!!" kalau hal tersebut sudah dilakukan maka "ISAL" sudah "dimatikan" dan harus diam menunggu temannya yang lain ketemu. Tapi jika ternyata anak yang ucing tersebut kalah adu lari dari temannya dan temannya itu yang duluan menyentuh pohon tempat jaga-nya, maka anak yang ucing akan tetap menjadi ucing dan anak-anak yang sudah "dimatikan" sebelumnya pun boleh bersembunyi kembali, begitu dan begitu seterusnya jika anak yang ucing kalah adu lari, seperti yang sering admin alami dulu.

Anak yang sudah ketahuan tempat persembunyiannya dan sudah "dimatikan" boleh membantu ucing mencari teman-teman lainnya, boleh juga tidak, tergantung kesepakatan di awal permainan. Mereka yang bersembunyi pun bebas mau bersembunyi dimana saja tapi tidak boleh melebihi batas-batas yang telah disepakati bersama sebelum permianan dimulai, hal ini dimaksudkan supaya anak yang ucing tidak kejauhan dalam mencari teman-temannya yang tersembunyi.

Permainan tradisional ucing sumput ini mempunyai banyak manfaat, mulai dari melatih tanggung jawab, kejelian, keberanian, kesabaran, kecepatan, sampai melatih anak untuk bersosialisali satu dengan lainnya.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Ucing Sumput, Petak Umpetnya Urang Sunda" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/ucing-sumput-petak-umpetnya-urang-sunda.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar