Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Gamelan Sari Oneng Mataram

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Satu set alat musik gamelan diatas merupakan salah satu koleksi Museum Prabu Geusan Ulun yang mempunyai daya tari tersendiri, sebenarnya ada larangan untuk memfoto atau mengambil gambarnya, namun ketika admin meminta izin kepada petugas di tempat gamelan ini berada, admin diizinkan untuk mengambil gambarnya, jadi tanpa ragu admin jepret sambil bertanya dan mencatat sejarah serta keunikan dari gamelan ini.

Berbicara tentang gamalen, admin rasa kita semua telah mengenal atau minimal mengetahui alat musik ini, dimana secara umum kita mengetahui bahwa gamelan merupakan kesatuan dari beberapa alat musik tradisional yang ditabuh untuk menghasilkan irama musik tertentu, gamelan sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu gamel yang berarti menabuh. Gamelan terdiri dari beberapa alat musik seperti gong, gendang/kendang, gambang, bonang, kempul, suling, saron, dan lainnya.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Kembali ke gambar atau foto gamelan diatas, satu set alat musik gamelan tesebut bernama Gamelan Sari Oneng Mataram, ya, tak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Sumedang mempunyai gamelan yang memiliki nilai sejarah, gamelan yang ada di Sumedang bahkan pernah melanglang buana ke negara-negara Eropa dan Amerika Gamelan tersebut adalah Gamelan Sari Oneng Mataram dan Gamelan Sari Oneng Parakansalak. Keduanya kini tersimpan di Museum Prabu Geusan Ulun.

Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan gamelan yang dibuat di Mataram dan dihadiahkan pada Sumedang ketika Sumedang berada dibawah kekuasaan Mataram. Menurut cerita dari guide di Museum Prabu Geusan Ulun dan telah admin baca juga dari berbagai sumber, dikatakan bahwa Gamelan Sari Oneng Mataram merupakan hadiah dari Mataram ketika Sumedang memenangkan pertandingan mengadu muncang (kemiri) antara Senapati Sumedang dan Senapati Mataram pada masa pemerintahan Pangeran Rangga Gempol III atau Pangeran Panembahan (1656-1706). Konon katanya, mengadu kemiri pada saat itu bisa disamakan juga dengan ajang mengadu kesaktian, jadi bisa dikatakan bahwa Senapati Mataram saat itu mengakui kehebatan Senapati Sumedang dan kemudian  menghadiahkan Gamelan Sari Oneng Mataram ini.

Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram
Gamelan Sari Oneng Mataram menjadi artefak peninggalan sejarah yang sangat berharga bagi Sumedang dan sekarang tersimpan dengan baik di Gedung Gamelan, yang merupakan salah satu bangunan dari Museum Prabu Geusan Ulun. Dulu gamelan ini sering digunakan untuk latihan tarian khas Kasumedangan di Museum, namun mengingat usianya yang sudah sangat tua dan rentan terhadap kerusakan akhirnya sekarang gamelan ini tidak dipergunakan lagi untuk berlatih.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Gamelan Sari Oneng Mataram" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/05/gamelan-sari-oneng-mataram.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar