Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Opak Oded, Opak Yang Jebred


Opak Oded

Bagi sobat diluar daerah Sunda mungkin asing dengan kata "opak", opak adalah nama sejenis makanan ringan/camilan. Sewaktu-waktu jika sobat berkesempatan berkunjung ke Sumedang, jangan lupa juga untuk menjajal kuliner-kuliner khasnya, ada yang khas Sunda secara umum maupun yang khas Sumedang asli asal Sumedang, seperti Ubi Cilembu yang dulu telah admin coba sedikit perkenalkan.

Opak adalah makanan ringan yang merakyat di seluruh daerah Sunda, berbentuk bulat gepeng serta memiliki tekstur yang sedikit kasar dan renyah, di setiap rumah di desa-desa makanan ringan ini biasanya selalu tersaji setiap waktu, apalagi jika ada acara hajatan ataupun perayaan-perayaan lainnya, makanan bernama Opak ini pasti ada dan seolah wajib untuk ada. Di Sumedang ada opak yang katanya lain daripada yang lain, opak ini bernama Opak Oded, kata "Oded" ini merupakan singkatan dari "Opak Dudang Enak Dimakan", dari singkatan ini tentunya kita bisa tahu bahwa pengrajin opak ini adalah Pak Dudang.


Tugu Opak di Pertigaan Conggeang, Buahdua, Ujung Jaya

Jika Ubi Cilembu berasal dari Desa Cilembu, maka Opak Oded ini berasal dari Desa Conggeang, Kecamatan Conggeang., sebuah tempat yang banyak memiliki mata air panas yang berasal dari Gunung Tampomas. Kecamatan Conggeang menjadi sentra pembuatan opak di Sumedang, oleh karena hal tersebut di pertigaan jalan Conggeang - Buahdua - Ujungjaya dibuat sebuah tugu yang mencirikan daerah tersebut sebagai penghasil opak yaitu Tugu Opak, berbentuk sebuah tangan yang nampak sedang memegang satu buah opak.

Sebenarnya ada banyak jenis opak yang dihasilkan di Conggeang ini, ada Opak DPO, Opak Nia, dan lain-lain yang mungkin masing-masing mencirikan nama pembuat atau pengrajin opaknya. Dari sekian banyak nama dan jenis opak tersebut selama ini yang sudah dikenal luas dan banyak dicari oleh para pelancong yang singgah di Conggeang adalah Opak Oded ini, mungkin sudah semacam jadi brand opak dari Conggeang.

Secara bentuk Opak Oded ini sama saja dengan opak biasa, hanya saja ukurannya relatif lebih kecil dan warnanya lebih terang, selain itu pastinya rasanya mempunyai kelebihan yaitu lebih gurih dan lebih renyah. Selain Tahu Sumedang dan Ubi Cilembu, Opak Oded ini biasanya menjadi buruan para pelancong yang singgah di Sumedang ketika sedang musim mudik Idul Fitri, mungkin kriuk-kriuknya cemilan tradisional ini cukup efektif untuk menghilangkan kegalauan dan bisa menemani para pelancong ditengah antrian kemacetan.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Opak Oded, Opak Yang Jebred" dengan link sebagai berikut ; "www.wewengkonsumedang.com/2014/02/opak-oded-opak-yang-jebred.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar