Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Kereta Kencana Naga Paksi Sumedang

Kereta Kencana Naga Paksi

Seram tidak sob? ini adalah kepala dari Replika Kereta Kencana Naga Paksi, Kereta Kencana Naga Paksi adalah kendaraan raja-raja Sumedang di masa lampau. Berikut adalah Kereta Kencana Naga Paksi yang asli :

Kereta Kencana Naga Paksi

Kereta Kencana Naga Paksi merupakan salah satu koleksi dari Museum Prabu Geusan Ulun Kabupaten Sumedang, ia merupakan kendaraan para penguasa Sumedang di masa lampau yang bahannya terbuat dari kayu yang dipahat dan diukir, menurut Guide di Museum Prabu Geusan Ulun kereta ini beratnya mencapai 2 ton...berat sekali ya, mungkin sama dengan berat sebuah mobil, panjang Kereta Naga Paksi ini kira-kira mencapai sekitar 6 meter-an.

Kereta Naga Paksi penuh dengan berbagai simbol yang mempunyai arti-arti tertentu, seperti misal berkepala naga tapi juga berbelalai gajah dan bersayap burung garuda, dimana sayap garuda sendiri menjadi simbol kegagahan dan bisa terbang, lalu simbol lainnya yaitu memakai mahkota dan kalung simbol kebesaran kerajaan, dan masih banyak lagi simbol-simbol lain yang tidak sempat admin catat ketika Guide-nya menerangkan. Kereta Naga Paksi yang beratnya mencapai 2 ton ini katanya dulu cara menjalankannya adalah dengan cara ditarik oleh manusia sebagai simbol pengabdian rakyat kepada rajanya.

Kereta Kencana Naga Paksi ini kabarnya dibuat pada masa kepemimpinan Pangeran Sugih dan sudah tidak diperbolehkan lagi untuk keluar dari museum karena dikhawatirkan akan mengalami kerusakan. Untuk berbagai acara yang memerlukan Kereta Naga Paksi ini, dibuatkan replika yang mirip dengan aslinya yang diperbolehkan untuk keluar museum. Seperti inilah penampakan replikanya secara keseluruhan :

Replika Kereta Kencana Naga Paksi

Replika Kereta Naga Paksi ini ukurannya agak lebih besar dari Kereta Naga Paksi yang asli, kira-kira panjangnya sekitar tujuh meteran. Mungkin besarnya Replika Kereta Naga Paksi diatas tidak begitu terlihat di gambar ini karena memang tidak ada orang yang berpose didekatnya, dan agar sobat tidak penasaran dengan ukuran Kereta Naga Paksi ini, admin coba pinjam gambarnya dari beberapa media online.

Sumber Gambar Inilah.com dan Tarungnews.com

Sebenarnya, Replika Kereta Naga Paksi ini merupakan yang kedua kalinya dibuat karena replika yang pertama rusak setelah beberapa tahun digunakan. Kedua Replika Kereta Naga Paksi ini kabarnya dibuat oleh seniman asal Kecamatan Tomo, bernama bapak Caltim.

Replika Kereta Kencana Naga Paksi yang Pertama, Sudah Rusak

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Kereta Kencana Naga Paksi" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/12/kereta-kencana-naga-paksi.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar