Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Video - Tari Umbul

Tari Umbul Yang Dipentaskan Pada Pembukaan Pesona Budaya Jawa Barat, Dago Tea House
Sumber Foto : pikiranrakyat.com

Di Kabupaten Sumedang, ada sebuah kesenian cukup unik, kenapa admin katakan unik? karena kesenian tradisional ini adalah sebuah seni tari yang busana penarinya memakai pakaian seperti kebaya, samping dan selendang, yang memang lumrah dipakai untuk busana menari pada umumnya, tapi anehnya para penari menggunakan kacamata hitam dalam tariannya. Rasanya cukup unik dan memadupadankan kebaya dengan kacamata hitam.

Nama kesenian tersebut adalah Seni Tari Umbul, sebuah tarian tradisional yang gerakan tarinya cukup sederhana namun banyak disukai oleh masyarakat sehingga tetap lestari hingga saat ini, walau kabarnya dulu sempat vakum untuk beberapa waktu. Seni Tari Umbul merupakan kesenian yang berasal dari daerah Kecamatan Paseh dan seiring berjalannya waktu menyebar ke daerah lain di Sumedang.

Menurut seorang seniman dan budayawan dari daerah Desa Cijeler yang bernama Bapak Dadi, Tari Umbul ini diperkirakan mulai muncul dan berkembang pada sekitar tahun 1940-an di Desa Pasir Reungit Kecamatan Paseh dan berkembang juga di daerah Situraja. Hanya sayang pada sekitar tahun 1994-an tari umbul mengalami kevakuman dan tidak ada penggiat seni yang menekuninya karena seni tari ini mengundang pro dan kontra pada saat itu. Seni tari ini mengundang pro kontra karena gerakan tarinya dianggap mengandung unsur erotik yang berlebihan selain juga mengandung unsur humoris yang tercermin dari gerakan pinggulnya.

Siswa Sekolah Ikut Memecahkan Rekor MURI Tari Umbul Kabupaten Sumedang
Sumber Foto : kabar-priangan.com

Namun demikian, kevakuman kesenian ini tidak berlangsung lama, ia muncul kembali dengan pengurangan nilai-nilai erotisnya sehingga seni tari ini berkembang menjadi lebih baik, bahkan pada perkembangan selanjutnya ia sering juga dipentaskan dalam event-event besar kepariwisataan yang menyedot banyak perhatian, bahkan penontonnya bukan dari kalangan pribumi saja, melainkan juga dari wisatawan mancanegara. Disini terlihat bahwa seni tari umbul dipertahankan karena memang disukai oleh masyarakat bahkan wisatawan mancanegara pun mengapresiasinya.

Sama halnya seperti Kesenian Kuda Renggong yang pernah memecahkan rekor MURI, seni tari umbul ini juga berhasil memecahkan rekor MURI pada tahun 2012 lalu, tepatnya pada 20 mei 2012. Pada waktu itu penari umbul dari Kecamatan Situraja berhasil mengerahkan 2012 penari umbul, diiringi dengan 5 orang penabuh bedug, dan 20 orang pemukul dogdog untuk memecahkan rekor MURI penari umbul terbanyak, kegiatan tersebut dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Sumedang. Jumlah penari umbul yang berjumlah 2012 orang, penabuh bedug yang berjumlah 5 orang, dan pemukul dogdog yang berjumlah 20 orang tersebut mewakili hari dipecahkannya rekor MURI tersebut yaitu 20-05-2012.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Video - Tari Umbul" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/11/video-tari-umbul.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar