Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Elang Bondol


Elang Bondol

Dari berbagai sumber disebutkan, Elang Bondol atau Brahminy Kite (Haliastur Indus), atau juga dikenal sebagai red back sea eagle adalah burung elang laut yang bagian belakang tubuhnya berwarna merah kecoklatan dan dari kepala sampai leher menutupi dada bulunya berwarna putih, merupakan burung elang yang berukuran sedang dan merupakan jenis elang yang dilindungi.

Tidak seperti Elang Hitam yang memang hidup dipegunungan, elang ini merupakan jenis elang yang dilindungi dan elang laut pula, sedangkan Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang tidak mempunyai daerah laut. Jadi bagaimana kira-kira kalau hewan ini ada di Sumedang? jawabannya tentu, jika tidak segera diserahkan secara sukarela pastinya akan segera disita oleh pemerintah, bukan begitu?? seperti Elang Bondol ini yang telah diserahkan oleh pemiliknya secara sukarela, dan kabarnya burung ini sekarang ditempatkan di Kebun Binatang Kabupaten Bandung.

Terlepas dari itu semua, mari kita belajar menyayangi binatang dengan sewajarnya, kenapa admin katakan demikian? kadang admin berpikir apa manusia selain harus berprikemanusiaan juga harus berprikehewanan kah? maksudnya menempatkan diri dan memposisikan diri sebagai hewan, tenggang rasa, meneggang rasa. Kalau kita jadi hewan liar (dalam kasus ini burung) yang biasa terbang bebas dalam menikmati dunianya, tiba-tiba dikurung kira-kira bagaimana rasanya? meskipun diberi makan rutin secara gratis tiap hari, admin rasa kita tidak akan mau (kalau mau seperti itu, tinggal masuk penjara saja), karena banyak yang berdalih saya mengurungnya justru untuk memberi dia makan secara rutin karena diluar belum tentu ia dapat, saya mengurungnya justru karena kagum akan kegagahannya dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengaguminya juga, dan lain-lain.

Ah, sudahlah, hal seperti itu pastinya sudah banyak juga yang membahas, tinggal kesadaran dan kepedulian kita saja, sekali lagi, mari kta menyayangi binatang dengan sewajarnya, apalagi untuk binatang yang dilindungi seperti di atas, biarkan ia bebas jika memang sayang, biarkan ia terbang jika memang ingin mengagumi kegagahannya, setuju?

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Elang Bondol" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/12/elang-bondol.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar