Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Rusa Totol (Axis Axis)


Rusa Totol (Axis axis)

Rusa Totol, jujur saja admin baru pertama kali melihat rusa jenis ini secara langsung. Selain di Istana Bogor, kabarnya rusa jenis ini juga bisa dilihat di kawasan Monas Jakarta, tapi sayangnya ketika bekerja di Jakarta dan lumayan sering main ke Monas admin malah belum pernah lihat binatang ini disana, dan malah melihatnya pertamakali disini, dikampung halaman sendiri di Sumedang, tepatnya di Desa Licin blok Ciburial.

Dari keterangan beberapa sumber dikatakan bahwa rusa ini mempunyai nama latin Axis Axis, rusa ini mempunyai corak coklat kemerahan dengan totol-totol putih dimana semakin tua umur rusa maka warna coklat di tubuhnya pun akan semakin gelap dan totol putihnya akan semakin tersusun rapi. Jadi mungkin rusa totol yang admin ambil gambarnya ini usianya masih tergolong muda, karena warna coklatnya masih coklat muda. Dan sayangnya admin lihat rusanya tidak ada yang bertanduk juga, mungkin seperti yang disebutkan tadi, rusa-rusa ini masih terlalu muda dan belum tumbuh tanduknya.

Rusa totol memiliki kebiasaan yang lain dari pada yang lain, yaitu mereka senang menjilati bebatuan atau kerikil, hal ini mereka lakukan untuk memperoleh garam (NaCl) dari bebatuan atau kerikil tersebut, itu dilakukan untuk membantu metabolisme makanan dalam tubuhnya.

Dari berbagai keterangan juga admin dapati bahwa habitat alami rusa totol ini adalah di India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, dan Bangladesh, sedangkan pertamakali didatangkan ke Indonesia oleh Gubernur Jendral Inggris, Thomas Stanford Raffless pada tahun 1814 untuk menempati halaman Istana Bogor. Melihat fakta tersebut admin jadi sedikit bertanya-tanya "memangnya rusa boleh dipelihara secara bebas oleh umum ya?", apalagi jenis rusanya adalah rusa totol yang bukan asli Indonesia seperti yang dikatakan tadi.

Pertanyaan tersebut kemudian terjawab ketika membaca beberapa artikel yang mengatakan bahwa populasi rusa totol ini aman bahkan berlebih, sehingga bagi masyarakat yang berminat diizinkan untuk memeliharanya asalkan memenuhi berbagai persyaratan menyangkut lahan pemeliharaan/penangkaran dan perizinannya. Jadi bila sobat ada yang berminat untuk memelihara rusa totol ini tinggal diurus saja perizinannya, serta sediakan lahannya, setelah itu tidak menunggu waktu lama sobat bisa melihat binatang ini berlenggak-lenggok di halaman ketika mulai membuka jendela kamar atau jendela rumah di pagi hari.

Jadi bisa diambil kesimpulan syarat-syarat untuk bisa memelihara rusa totol (axis axis) ini cuma ada dua yaitu :
Mengurus perizinan kepada pemerintah daerah setempat dan instansi-instansi terkait, dan
Mampu menyediakan lahan yang cukup luas, serta terjaminnya ketersediaan pakan,

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Rusa Totol (Axis Axis)" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/11/rusa-totol-axis-axis.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar