Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Suasana Pagi, Keberkahan yang Sering Terlewatkan



Selain suasana di sore hari, suasana di pagi hari merupakan salah satu yang admin dan pasti sobat-sobat sukai, dimana kesegaran dan semangat bisa kita dapatkan pada saat-saat itu. Apalagi pada hari libur, menikmati suasana pagi ini biasanya bisa kita maksimalkan dengan berjalan-jalan pagi atau jogging di sekitaran jalan yang berada di dekat rumah, atau yang menuju ke pusat-pusat keramaian, seperti yang admin lakukan ketika mengambil foto atau gambar diatas disekitaran Desa Serang Kecamatan Cimalaka.

Tapi, sudah bukan rahasia lagi jika dipagi hari banyak juga yang tidak bersemangat semangat, malah merasa malas, hari libur pun tidak diisi dengan olah raga pagi atau yang lainnya...tapi diisi dengan tidur hingga puas, sampai siang hari, padahal kita tahu pagi hari adalah saat-saat yang penuh berkah.

Bagi seorang muslim, waktu pagi adalah waktu yang berlimpah pahala dan banyak amalan-amalan sunat yang bisa dilakukan pada saat itu. Kita tahu bahwa pagi hari adalah waktu yang penuh berkah, dan sangat rugi jika kita tidak memanfaatkannya, tapi pada kenyataannya masih banyak dari kita yang melalaikan waktu yang mulia ini, dan hanya mempergunakannya untuk bermalas-malasan.

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa orang-orang hebat dan orang-orang saleh di masa lalu sangat membenci tidur pagi, karena seperti dikatakan Ibnu Qayyim banyak tidur akan mematikan hati serta membuat badan terasa malas, dan karenanya kita akan banyak membuang-buang waktu.

Memang apa bahayanya jika kita tidur di waktu pagi ?? secara agama, medis, maupun kultur pasti mempunyai penjelasannya masing-masing, sobat juga pasti sudah mengetahuinya, dan rasanya memang akan terlalu panjang jika diuraikan disini satu persatu, namun secara filosofis, kita dapat ibaratkan waktu pagi sebagai masa muda, dan akhir hari adalah masa tua.

Kita sudah tahu apa yang kita lakukan di masa muda akan berpengaruh pada keadaan kita di masa tua, pasti akan ada hukum sebab akibat, ada masa menanam dan pasti ada masa menuai. Itu berarti jika seseorang di pagi hari sudah bermalas-malasan dengan sering tidur, maka sampai sore bahkan malam hampir dapat dipastikan bahwa yang ia rasakan adalah malas, kurang gairah dan yang sejenisnya, dan kebarokahan waktunya pun bisa hilang.

Dalam beberapa sumber juga dikatakan bahwa secara medis tidur pagi dapat menyebabkan beberapa penyakit fisik, diantaranya adalah melemahkan syahwat. Untuk mencegah agar tidak tidur di waktu pagi memang ada tips dan rambu-rambunya...berikut adalah tips sederhana agar tidak tidak ngantuk atau tidur kembali di pagi hari :
Hanya tidur pada saat tubuh kita memang sangat membutuhkannya, waktunya adalah di awal malam bukan di akhir malam, dan di pertengahan siang bukan di sore hari (waktu ashar),
Berolah raga secara teratur untuk melancarkan peredaran oksigen di dalam darah dan menormalkan ritme dalam tubuh kita juga
Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein menjelang tidur
Langsung mencuci muka atau mengambil air wudhu ketika terbangun dari tidur
Membuka jendela kamar, atau keluar rumah untuk langsung menghirup segarnya udara pagi.

Mungkin itu saja tips sederhananya, tapi jujur saja, gampang-gampang susah untuk mematuhi rambu-rambu sederhana itu, bukan begitu ?
Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Suasana Pagi, Keberkahan yang Sering Terlewatkan" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/05/suasana-pagi.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar