Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Arti Lambang/Logo Kabupaten Sumedang


Logo Kab.Sumedang (logologokabupaten.blogspot.com)

Arti Lambang/Logo Kabupaten Sumedang- Setiap kabupaten pastilah mempunyai gambar/logo, dimana gambar/logo tersebut biasa dipakai dalam berbagai kepentingan, sebagai ciri khas. Logo itu bisa kita jumpai di gedung pemerintahan, surat-surat resmi yang dikeluarkan, event-event, sampai baju seragam pegawai yang bekerja di daerah bersangkutan. Kabupaten Sumedang sendiri menggunakan Lingga, sebuah monumen bersejarah di tengah alun-alunnya sebagai lambang/logo kabupaten.

Kenapa Lingga yang dipilih? Tentu karena monumen tersebutlah yang paling melekat dan memiliki nilai sejarah. Tapi, kira-kira apa ya arti gambar lingga pada logo kabupaten Sumedang? berikut jawabannya dari Wikipedia - Sumedang

***

Sumedang mempunyai ciri khas sebagai kota kuno khas di Pulau Jawa, yaitu terdapat Alun-alun sebagai pusat yang dikelilingi Mesjid Agung, rumah penjara, dan kantor pemerintahan. Di tengah alun-alun terdapat bangunan yang bernama Lingga, tugu peringatan yang dibangun pada tahun 1922. Dibuat oleh Pangeran Siching dari Negeri Belanda dan dipersembahkan untuk Pangeran Aria Soeria Atmadja atas jasa-jasanya dalam mengembangkan Kabupaten Sumedang.

Lingga diresmikan pada tanggal 22 Juli 1922 oleh Gubernur Jenderal Mr. Dr. Dirk Fock Sampai saat ini dijadikan lambang daerah Kabupaten Sumedang dan tanggal 22 April diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Sumedang. Lambang Kabupaten Sumedang, Lingga, diciptakan oleh R. Maharmartanagara, putra seorang Bupati Bandung Rd. Adipati Aria Martanagara, keturunan Sumedang. Lambang ini diresmikan menjadi lambang Sumedang pada tanggal 13 Mei 1959.

Hal-hal yang terkandung pada logo Lingga :

Perisai : melambangkan jiwa ksatria utama, percaya kepada diri sendiri 

Sisi merah : melambangkan semangat keberanian 

Dasar hijau : melambangkan kesuburan pertanian 

Bentuk setengah bola dan bentuk setengah kubus pada lingga : melambangkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna 

Sinar matahari : melambangkan semangat dalam mencapai kemajuan 

Warna kuning emas : melambangkan keluhuran budi dan kebesaran jiwa 

Tujuh belas sinar : melambangkan angka tanggal proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 

Delapan bentuk pada Lingga : lambang bulan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 

19 buah batu pada Lingga, 4 buah kaki tembik dan 5 buah anak tangga : lambang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 

Tulisan Insun Medal : tulisan Insun Medal erat kaitannya dengan kata Sumedang yang mengandung arti:

Berdasarkan Prabu Tajimalela, seorang tokoh legendaris dalam sejarah Sumedang, Insun Medal berarti (Insun : Aku, Medal : Keluar) 

Berdasarkan data di Museum Prabu Geusan Ulun; Insun berarti (Insun: Daya, Madangan: Terang) Kedua pengertian ini bersifat mistik. 

Berdasarkan keterangan Prof. Anwas Adiwilaga, Insun Medal berasal dari kata Su dan Medang

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Arti Lambang/Logo Kabupaten Sumedang" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/05/arti-lambanglogo-kabupaten-sumedang.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar