Kereta Kencana Naga Paksi

Baca Juga

Kereta Kencana Naga Paksi
Kereta Kencana Naga Paksi
Seram tidak sob? ini adalah kepala dari Replika Kereta Kencana Naga Paksi, Kereta Kencana Naga Paksi adalah kendaraan raja-raja Sumedang di masa lampau. Berikut adalah Kereta Kencana Naga Paksi yang asli :

Kereta Kencana Naga Paksi
Kereta Kencana Naga Paksi
Kereta Kencana Naga Paksi merupakan salah satu koleksi dari Museum Prabu Geusan Ulun Kabupaten Sumedang, ia merupakan kendaraan para penguasa Sumedang di masa lampau yang bahannya terbuat dari kayu yang dipahat dan diukir, menurut Guide di Museum Prabu Geusan Ulun kereta ini beratnya mencapai 2 ton...berat sekali ya, mungkin sama dengan berat sebuah mobil, panjang Kereta Naga Paksi ini kira-kira mencapai sekitar 6 meter-an.

Kereta Naga Paksi penuh dengan berbagai simbol yang mempunyai arti-arti tertentu, seperti misal berkepala naga tapi juga berbelalai gajah dan bersayap burung garuda, dimana sayap garuda sendiri menjadi simbol kegagahan dan bisa terbang, lalu simbol lainnya yaitu memakai mahkota dan kalung simbol kebesaran kerajaan, dan masih banyak lagi simbol-simbol lain yang tidak sempat admin catat ketika Guide-nya menerangkan. Kereta Naga Paksi yang beratnya mencapai 2 ton ini katanya dulu cara menjalankannya adalah dengan cara ditarik oleh manusia sebagai simbol pengabdian rakyat kepada rajanya.

Kereta Kencana Naga Paksi ini kabarnya dibuat pada masa kepemimpinan Pangeran Sugih dan sudah tidak diperbolehkan lagi untuk keluar dari museum karena dikhawatirkan akan mengalami kerusakan. Untuk berbagai acara yang memerlukan Kereta Naga Paksi ini, dibuatkan replika yang mirip dengan aslinya yang diperbolehkan untuk keluar museum. Seperti inilah penampakan replikanya secara keseluruhan :

Kereta Kencana Naga Paksi
Replika Kereta Kencana Naga Paksi
Replika Kereta Naga Paksi ini ukurannya agak lebih besar dari Kereta Naga Paksi yang asli, kira-kira panjangnya sekitar tujuh meteran. Mungkin besarnya Replika Kereta Naga Paksi diatas tidak begitu terlihat di gambar ini karena memang tidak ada orang yang berpose didekatnya, dan agar sobat tidak penasaran dengan ukuran Kereta Naga Paksi ini, admin coba pinjam gambarnya dari beberapa media online.

                               Kereta Kencana Naga Paksi
Sumber Gambar Inilah.com dan Tarungnews.com

Sebenarnya, Replika Kereta Naga Paksi ini merupakan yang kedua kalinya dibuat karena replika yang pertama rusak setelah beberapa tahun digunakan. Kedua Replika Kereta Naga Paksi ini kabarnya dibuat oleh seniman asal Kecamatan Tomo, bernama bapak Caltim.

Kereta Kencana Naga Paksi
Replika Kereta Kencana Naga Paksi yang Pertama, Sudah Rusak

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Kereta Kencana Naga Paksi" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/12/kereta-kencana-naga-paksi.html"

128 comments:

  1. berat nya 2 toon??? wow... ditarik manusiaaaa?? weleh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia jaman dulu perkasa kayak hulk dan wonder woman kan

      Delete
    2. Punten ngiring di payeun Kang (k) Salam kenal Mas Topics dan
      Mas Zachflazz Orang dulu memang kuat-kuat beda sama orang jaman
      Sekarang cuma sayangnya waktu dulu Jaman Kerajaan belum ada Internet
      Sehingga Kang WS Tidak bisa posting artikel Kereta Kencana Naga Paksi

      Delete
    3. mau bukti orang jaman dulu kuat-kuat? tuh tanya Pak Cilembu...kan beliau orang dulu

      Delete
    4. apalagi makannya bukan makan nasi, makan besi dan lalapan batu kricak buat ngurug rel sepur

      Delete
    5. Mbak Khusna emang Kang Cilembu orang dulu yah..?
      Katanya baru 18 tahun..? soale pengenya di panggil AA
      Pernah denger aja . tapi aslinya gak tau masih ABG Kaliyah? hh :-)

      Delete
    6. weleh...bingung mau jawab yang mana dulu ini hehe...minta maaf aja deh ah maaf baru bisa menjawab komen2 sahabat semua hehe, walaupun jawabannya ga menjawab pertanyaan dan pernyataan temen2 biarin ya :))

      Delete
    7. Tidak menjawab juga gak apa-apa Kang WS Asal siapkan saja Ubi cilembu
      Rebuh buat cemilan sambil simak Kereta Naga Paksi. kamana saja Kang
      Meuni pleng gak ada beritanya. di tunggu artikel barunya gitu Rojer :-)

      Delete
    8. iya ni kang WS nya sedang sibuk buj buk buk jadi gak bisa neblog =))

      ssiiaap kang

      Delete
  2. Selain unik, kereta kencana naga paksi ini pasti memiliki legenda cerita mistis :)
    asyik deh mas WS bisa jalan2 ke museum itu, dan tentunya disana juga makan bakso dan makan tahu sumedang, hehehe :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baksonya habis, nanti bisa di cariin yang lain Mba.

      Delete
    2. kalo gak ada bakso makan sate kambing setengah matang aja mas Indra, hehehe :-)

      Delete
    3. hihi WS malah nyarinya nasi padang mbak Indri n Pak Indra...abisnya laper sangat :-)

      Delete
  3. Kl lihat bentuknya, anak saya pasti suka menaikinya, mas.

    Di tempat saya sekarang ada banyak org2 yg memanfaatkan model kereta kencana sprti ini. Yah, utk mencari nafkah lah, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mas pri harus menarik biar anak2 suka...

      Delete
    2. bukan untuk mencari kambing hitam kan mas ?

      Delete
    3. kalau WS ini malah sedang mencari arti sebuah kesabaran hiks-hiks =))

      Delete
  4. Mantep Kang, budayanya jaman dulu di Sumedang udah maju banget tuh. kereen

    ReplyDelete
  5. saya pengen deh berkunjung langsung ke sumedang. .
    pengen menjelajah wisata kuliner asli asal sumedang.
    Pengen makan ubi cilembu. .:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee silahkan mas...ditunggu loh kunjungannnya :))

      Delete
  6. Selamat sore Kang WS Ijin simak artikel tentang Kereta Kencana Naga Paksi
    Bagus yah Kang Koleksi Sang Maharaja Sumedang Dulu sayang nya saya belum
    Bisa lihat Aslinya Kang kapan saya bisa Melancong di Kota SUMEDANG nu kacida
    Endah tur genah nya yah Kang. salam hormat selalu buat Kang WS :>) sruput cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam hormat juga kang karrys...hatur nuhun kang :))
      wah mending kalau mau ke sumedang jangan sekarang kang...muacet hehe.
      Tapi soklah kang diantos pisan kunjungan ke Sumedangnya :)

      Delete
  7. peksi dalam bahasa jawa adalah burung berarti naga peksi adalah burung naga..tapi naga peksi ini tidak bisa terbang harus ditarik sama manusia..kesian jaman dulu ya..sekarang pakai bensol sudah bisa terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Ternyata Mbakyu Indah paham betul tentang Naga Paksi
      Apa Nag Peksi nih..? saya bingung Mbakne,, kata Kang WS Paksi
      Kata Mbak Jenx Peksi yang bener saya apa , aku apa kula hhh :-)

      Delete
    2. mmm gitu ya mbak...terima kasih mbak atas tambahannya, saya malah baru tau kalau peksi itu burung, jadi naga peksi itu burung naga ya, sesuai sekali untuk nama kereta ini...nah itu, orang dulu kuat2 ya mbak

      @ kang karrys...beda pelafalan saja mungkin kang, sunda dengan jawa hehe

      Delete
  8. tekhnologi jaman dulu lebih tahan lama ya..
    bentuknya unik dan khas banget...biasanya di kirab ya kang ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau dilihat bentuknya mempunyai ke khasan tersendiri...
      iya mas, biasanya replikanya dikirab pada acara2 tertentu di Sumedang

      Delete
  9. Replies
    1. nih..modelnya...
      #nyodorin tangan

      Delete
    2. tuh mbak...kang hadi katanya yang mau jadi modelnya :))

      Delete
  10. sepertinya setiap kerajaan mempunyai kereta khas ya Kang...di Sumedang ada Kereta Naga Paksi, di Jogjakarta ada kereta kencana kanjeng nyai jimat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumahnya kang agus setya ada Kereta Api

      Delete
    2. di desa saya ada kereta odong-odong :D

      Delete
    3. iya ya mbak KK, di setiap daerah pasti mempunyai kendaraan khas untuk rajanya masing2...di daerah lain juga pasti ada lagi ya macamnya selain kereta naga paksi dan kereta kencana nyai jimat di yogyakarta

      @ kang hadi n kang intan : di rumah saya ada kereta malam untuk menengok nenek disana :-)

      Delete
  11. kunjungan sore gan, .he he
    orang jaman dulu emang gx usah diragukan lagi kehebatannya, . masih banyak misteri2 yg belum terpecahkan sampai saat. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas setuju sekali :))
      orang2 jaman dulu hebat2 banget

      Delete
  12. kunjungan sore gan, .he he
    orang jaman dulu emang gx usah diragukan lagi kehebatannya, . masih banyak misteri2 yg belum terpecahkan sampai saat ini. .

    ReplyDelete
  13. Replika yang unik mas, sepanjang jalan malioboro banyak dengan replika cantik dan mirip dengan kereta kencana naga paksi.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya jadi penasaran ingin ke malioboro kang...mudah2an kapan2 bisa kesana :)

      Delete
  14. kunjungan sore sob,,,

    serem banget sob naganya :-b

    itu buatnya dari apa ya yng aslinya?? [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee ngumpet yuk mas...katanya sih dari kayu jati mas

      Delete
  15. Serem banget gan kepalanya, pembuatannya pun butuh waktu yang lama.

    ReplyDelete
  16. mengerikan banget kang, paur hirup sorangan di tengah peuting euy wkwkwk..
    siga kolot baheula mun nyarita haha aya kereta kencana awas hahaha :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi jadi inget dongeng jaman baheula ya kang...jaman wa kepoh hehehe :-)

      Delete
  17. serem
    udah keq kereta di film indosiar tu
    hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi seperti korban sinetron aja ini mas zacky :)

      Delete
  18. menyeramkan banget! ;((
    sy milih bermalam bersama kuntilanar drpd kereta kencana diatas :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran mas ?? nanti malam loh ya harus siap-siap hehe :o

      Delete
  19. Wah serem banget kang tuh kepala keretanya, kepala gajah sama naga ya kang, gede lagi ukurannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...apalagi kalau malam pasti serem banget :)

      Delete
  20. Tujuh meter ya sob, wkwkw tapi ga serem sob lucu. :>)

    ReplyDelete
  21. wah keretanya unik juga ya mas. Tapi seni nya bagus banget dan sangat khas. Kalau saya naik kereta tersebut, kira-kira boleh nggak ya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah dapat ijin sepertinya boleh mbak hehe...WS juga kepengen nyobain naik hehe

      Delete
  22. kalau ngga salah kereta naga paksi ini disimpen di museum depan gedung negara ya, soalnya saya pernah menyentuhnya gituh kalau ngga salah.
    saya mah baru tau kalau ternyata udah dibikin dua replikanya....dus, ternyata bukan ditarik oleh kuda ya....hadeuh kesian banget orang jaman dulu ya...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, di museum prabu geusan ulun...kalau replikanya sekarang mah iya kang ditarik sama kuda :)

      Delete
  23. keren sekali, perlu dilestarikan

    ReplyDelete
  24. Serem banget lihat kereta gituan

    ReplyDelete
  25. Kereta yang cukup unik ya mas harus di rawat baik" kan sayang warisan leluhur

    ReplyDelete
  26. unik mas keretanya,, cuman sayang gak bsa terbang kyk naga2 tu ha.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe cuma di film2 ya mas ada naga bisa terbang :-)
      naga komodo saja gak bisa terbang :)

      Delete
  27. itu bukan serem mas, malah kelihatan keren gitu lhoo,, :-)

    :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya keren dan serem intinya mah hehe

      Delete
  28. selamat pagi mas, manatap sekali ya mas keretanya, tapi kalau beratnya mencapai 2 ton, begimana nariknya ya mas, perlu banyak kuda untuk menariknya :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore mas :)
      iya mas, tapi kalau jaman dulu katanya ditariknya sama manusia =))

      Delete
  29. Keren banget itu kereta itu Naga Paksi.
    Naga paksi sama dengan Burung Naga ya sob.
    Kalau dalam Istilah jawa Peksi sama dengan Burung.
    Burung naga hebat banget kendaraan yang tak kalah mewah sama sedan mewah sekali juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas jono...kalau jaman dulu ini kereta ini mungkin setara dengan dengan mobil mewah kenegaraan ya hehe

      Delete
  30. Wahhh Kereta kencana naga paksi ini Memang keren Sekali yahhh apalagi bbobotnya beuhhh sampe 2 Ton tapi kasian juga yahhh rakyatnya harus Menarik kereta yang super berat ini sungguh Terlalu :D Tapi Keren Nih Infonyaa hehe makasii yahh :)

    ReplyDelete
  31. kereta seperti ini menjadi aset berharga bagi generasi muda sekarang mas, hebatnya lagi dulu yang bikin kereta ratusan tahun yang lalu kok ya tidak di makan rayap ya?
    ini pasti ada doa dan ketulusan dalam membuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas setuju sekali :)
      iya sih katanya begitu mas

      Delete
  32. asli keren banget keretanya :D toplah

    ReplyDelete
  33. Infonya surantabs kang, kebayang kalo para paja atau kepala negara sekarang menggunakan kereta itu sebagai kendaraan pribadinya hehe... anak kecil sarieuneun sigana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun kang :)

      bisa jadi pada takut...tapi bisa jadi juga malah pada kepengen ikut naek kang :-)

      Delete
  34. Kereta Naga Paksi, kayak kereta kencana dalam film Nyai Blorong (he3x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee saya malah belum pernah nonton film nyi blorong itu mas, jadi tidak tau ;-(

      Delete
  35. Belihan bentuk arsitekturnya yang kokoh kereta kencana naga paksi ini tentunya diperhitungkan dengan matang dan benar-benar melalui proses yang panjang, hal ini terbukti dengan kulitas kereta kencana naga paksi yang ali yang masih ada di daerah Sumedang samapai hari ini masih terjaga dan berfungsi dengan baik.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, sepertinya memang seperti itu ya...kata guidenya sih memang begitu...terima kasih pak atas tambahannya, salam :)

      Delete
  36. kapan2 klo mampir di kota Sumedang pengen mengunjungi Museum Prabu Geusan Ulun.hatur nuhun sudah di share "kereta kencana naga paksi" nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang...soklah mangga diantos :)
      sami2 kang

      Delete
  37. set dah ditarik orang...
    di jogja banyak kereta kek gitu tapi tetap ditarik kuda. makin tinggi jabatan penumpangnya makin banyak kuda yang narik. namanya sama keren keren gitu, tapi bikinan belanda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang Sumedang itu sakti sakti mas Rawin makanya kuat narik kereta seberat dua ton hehe,,,

      Delete
    2. ini juga kalau yang replikanya mah ditarik sama kuda kang rawin

      @ kang dede : berarti WS termasuk orang sakti dong ya :-)

      Delete
  38. Selamat siang Kang WS Datang lagi saya di artikel Akang masih
    Penasaran dengan Putrinya Raja.. ehhh baca Kereta kencana naga paksi
    Selamat braktivitas moga tambah sukses dan maju yh Kang amien :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore kang...hee terima kasih kang atas doanya :))

      Delete
  39. kreatik yang buat tu mas,

    nice info .di tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  40. Hebat Sumedang peninggalan sejarah masih ada dan terurus dengan baik,belum tentu di derah lain ,kudu dicontoh nih untuk daerah lain,benda-benda peninggalanya di lestarikan,,,tarikkkk Mang,,,,

    ReplyDelete
  41. Naga memang sangat identik dengan budaya cina. tapi ternyata di indonesia juga sudah dari dulu ada ya naga ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...ternyata Indonesia juga gak kalah ya sama cina :)

      Delete
  42. Hmmm.... mungkin benda yg asli telah melalui serangkaian ritual khusus sehingga jadi lebih awet dan bisa bertahan ratusan tahun, hehe....

    ReplyDelete
  43. Bikinnya berapa lama itu ya.. bagus juga

    ReplyDelete
  44. serem banget ya keretanya....
    sayang ya ga dirawat.... :)

    ReplyDelete
  45. aih,,, gileeee 2 ton, yg narik manusia :p

    ReplyDelete
  46. waahh kuat bener ya yang narik kereta itu [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya sob...jaman sekarang mah mana ada yang bisa seperti itu :))

      Delete
  47. waduh.. serem liatnya.
    iya benar mas,benda zaman dulu lebih awet dari zaman sekarang. mendingan ga usah bikin replikanya ya,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee tapi mungkin replika itu diperlukan juga mbak...karena yg asli pastinya lebih dilindungi dan tidak bisa dipakai sembarangan

      Delete
  48. selain beratnya mencapai 2 ton....bentuknya e,mang serem ya mas...hehehe :)

    ReplyDelete
  49. Kalo mengenai naga jadi ingat legenda di daerah saya,bojonegoro - Angling dharma.hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya ya mas...jadi kepingin ke bojonegoro euy

      Delete
  50. keren banget yah mas WS kereta kencana naga paksinya, terlihat gagah kereta kencananya tapi serem juga kalau liat taringnya hehe... , makasih mas buat infonya menambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee sama2 mas...terima kasih kembali :)
      itu ya mas dua kesan yang tidak bisa dipisahkan dari keretanya...keren tapi serem hehe :))

      Delete
  51. Replies
    1. hee terima kasih mas rohis sudah hadir kembali :))

      Delete
  52. wah, keren banget memang kebudayaan kita ini.
    tapi yang menarik buat ku ketika replika asli yang mampu bertahan sampai lama dibandingkan yang replika, kayaknya unsur tujuan pembuatannya sangat berpengaruh. dulu dibuat untuk melambangkan kerajaan, gak mungkin kan cepat rusak. tapi yang replika hanya mengenang saja, mungkin itu penyebab cepat rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu juga memungkinkan sekali...niat juga pastinya berpengaruh ya

      Delete
  53. Daftar hadir lagi Kang WS Biar saya gak Alva di blog kerena Kang WS
    Kemana saja Kang? sibuk banget kaya na nya..salam sejahtera saja
    Muga-mugi baik-baik saja Kereta kencana naga paksi masih berjaya :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kang...terima kasih :))
      iya kang ni lagi sibuk banget pisan sekali sampai gak sempat ngeblog =))

      Delete
  54. Peninggalan sejarah masa lalu yang perlu terus dilestarikan :o . Tentu dirawat dengan baik sehingga tidak cepat rusak x-) . Desainnya indah dan mempesona penuh dengan simbol yang bermakna [-( . Semoga kita dapat mengambil hikmah atas peninggalan sejarah masa lalu Sumedang ;(( . Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang! cheer

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin pak...terima kasih juga atas doa dan tambahannya.. :)

      Delete
  55. keren sekali kereta kencananya tapi sayang ya rusak.
    :>) gan..


    folback gan blog q
    hehhe

    ReplyDelete
  56. kereta kencana dulu pasti semewah mobil-mobil mewah zaman sekarang yang tidak sembarang orang bisa memiliki ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pastinya begitu mungkin, kan hanya dimiliki para raja :)

      Delete