Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Kantor Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang

Kantor Kecamatan Conggeang

Kecamatan Conggeang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. Kecamatan ini memiliki beberapa potensi wisata seperti Curug Ciputrawangi, Seni Tutunggulan, dan lainnya. Adapun desa/kelurahan yang berada di lingkup Kecamatan Conggeang adalah :

- Desa Babakan Asem
- Desa Cacaban
- Desa Cibeureuyeuh
- Desa Cibubuan
- Desa Cipamekar
- Desa Conggeang Kulon
- Desa Conggeang Wetan
- Desa Jambu
- Desa Karanglayung
- Desa Narimbang
- Desa Padaasih
- Desa Ungkal

Beberapa sumber menyebutkan bahwa asal mula nama Conggeang terbagi dari dua versi. Versi pertama mengatakan bahwa kata Conggeang, secara etimologi, berasal dari kata Congdang yang merupakan kependekan dari kata Congo (ujung yang runcing) dan Dangiang (suatu hal yang baik) jadi Conggeang maksudnya ujung yang baik.

Versi kedua, sangat erat hubungannnya dengan perjuangan pahlawan nasional yang berasal dari Aceh, Cut Nyak Dien, dimana Congdang diartikan sebagai Rencong Sumedang. Cut Nyak Dien sendiri ketika diasingkan oleh Belanda ke Sumedang konon pernah singgah ke suatu tempat yang sekarang merupakan lokasi Pasar Lama. Saat itu, diceritakan bahwa Senjata Rencong yang digunakan sebagai senjata melawan penjajah juga difungsikan sebagai tanda bahaya. Caranya, badan Rencong diikat di pohon tinggi sampai terkena cahaya, cara kerjanya, sinar yang datang dari Pasukan Belanda dipantulkan dan menjadi tanda bahaya bagi para pejuang kemerdekaan

Bagi sobat yang ingin menambahkan informasi lainnya tentang Kecamatan Conggeang, bisa menyampaikannya di kolom komentar, terimakasih.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Kantor Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang" 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar