Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Resep Masakan Khas Idul Fitri, Limpa Bumbu Bistik

Limpa bumbu bistik

Mengutip dari wikipedia, limpa adalah kelenjar tanpa saluran (ductless) yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Limpa termasuk salah satu organ sistem limfoid, selain timus, tonsil, dan kelenjar limfe. Dalam Islam, sebenarnya ada perdebatan tentang halal atau tidaknya limpa (binatang) untuk dikonsumsi manusia.

Saya kurang mengerti terhadap hal ini, tapi sama dengan hati, melihat di lapangan, nampaknya kebanyakan memang menganggap limpa ini halal. Kenapa ada perdebatan? mungkin, mengingat hati dan limpa merupakan "darah". Adapun kenapa hukumnya halal, rata-rata mengembalikannya pada hadits berikut ;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengecualikan 2 bangkai dan 2 darah yang diperbolehkan bagi umatnya. Yaitu, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Dihalalkan bagi kami dua macam bangkai dan dua macam darah. Dua macam bangkai itu adalah ikan dan belalang, sedangkan dua macam darah itu adalah hati dan limpa” [HR. Ahmad no.5690, dan Ibnu Majah no.3314 dan 3218] - (hadits dikutip dari al-mudarris.com).

Di daerah tempat saya tinggal, limpa lazim dikonsumsi dengan cara dimasak menyerupai gulai/bistik. Biasanya, limpa ini ramai diolah untuk disajikan pada saat hari raya lebaran/Idul Fitri, karenanya sama dengan ketupat dan opor ayam, disini olahan/masakan limpa bisa dibilang menjadi sajian khas Idul Fitri.

Barangkali sobat ingin mencoba menjadikan masakan limpa jadi salah satu menu dalam macam-macam sajian hari raya Idul Fitri? berikut resep masakan khas Idul Fitri, limpa bumbu bistik yang bisa sobat coba, cara memasaknya cukup mudah ;

1. Bahan utama
- satu kilogram limpa sapi

2. Bumbu-bumbu
- pedes/merica satu sendok teh
- pala seperempat biji
- lima siung bawang putih ukuran sedang
- sepuluh siung bawang merah ukuran sedang
- penyedap rasa, setengah sendok teh
- garam dan gula putih secukupnya
- kecap secukupnya, sesuai selera

3. Siapkan bumbu dan limpa
- semua bumbu dicampur, diulek jadi satu sampai halus, kecuali kecap
- limpa terlebih dulu dicuci bersih, lalu dipotong memanjang ukuran sedang/sesuai selera
- didihkan air

4. Cara memasak
- masukkan limpa yang telah dipotong-potong dalam wajan bersama bumbu yang telah dihaluskan,
dengan api sedang, aduk-aduk potongan limpa bersama bumbu, tambahkan kecap secukupnya,
- setelah limpa dan bumbu mulai mengeluarkan air, masukan air mendidih dalam wajan,
dengan air secukupnya, aduk terus sampa bumbu tercampur dan limpa melunak,
- air yang menjadi kuah akan berkurng sedikit demi sedikit, tambahkan lagi jika kelunakan limpa belum dirasa pas,
- matikan api jika limpa sudah terasa empuk, pasak limpa pun siap dihidangkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar