Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Elephant Nose, Ikan Berhidung Gajah

Elephant Nose Fish (monsterfishkeepers.com)

Kalau baru melihatnya sepintas, pasti kita bertanya-tanya, ini ikan apa ya?? Bentuknya unik, ada belalainya! Tepatnya sih, mirip belalai. Sesuai dengan cirinya tersebut, ikan ini bernama Elephant Nose atau Si Hidung Gajah, karena memang sekilas ikan ini mempunyai ciri khas pada ujung mulutnya yang mirip belalai.

Apa yang terlihat sebagai "hidung gajah" itu sebenarnya adalah perpanjangan dari mulut ikan itu sendiri, dimana di habitat aslinya, ikan ini mencari makanan dengan cara menyusuri sela-sela ranting dan juga batuan, jadi dengan bentuk mulutnya yang sudah beradaptasi dengan lingkungannya itu, ikan ini lebih mudah mendapatkan makanan. Selain itu, batang hidungnya juga mempunyai sensor untuk saling berkomunikasi dengan ikan sejenis lainnya, katanya sih begitu.

Dilihat dari bentuk mulutnya, ikan ini dominan bergerak di dasar air dan mencari makanan menyusuri pasir atau bebatuan di habitatnya. Hebatnya, ia tidak akan kesulitan mencari makanan berupa organisme-organisme kecil di dasar air, karena ikan ini memiliki organ listrik lemah di bagian ekor yang digunakan untuk mencari makanan.

Karena ikan ini termasuk karnivora, pakan yang bisa diberikan jika ingin memeliharanya adalah cacing darah, cacing tanah cincang, udang kecil, serpihan dan makanan pellet serta berbagai makanan beku.

Elephant Nose, meskipun namanya mengandung kata gajah yang identik dengan ukuran besar dan berani, tidak demikian dengan ikan ini, ia termasuk dalam golongan ikan pemalu dan tertutup, jika dipelihara di aquascape, ia lebih memilih bergerak lamban di antara kerikil-kerikil atau gravel dan kadang bersembunyi di antara tanaman dan batu, tempat dimana ia merasa terlindungi dan aman dari cahaya.

Oh ya, ikan unik dan menarik ini berasal dari Sungai Niger dan anak-anak sungainya di Afrika Barat. Meski warnanya dominan hitam kecoklatan dan "kurang meriah", namun ikan ini digolongkan ke dalam ikan hias dan sering dipelihara di aquarium/aquascape. Ikan ini bisa menjadi sangat jinak dan mendekati tangan kita jika kita memberi pakan, bagaimana ? tertarik untuk memeliharanya sobat?

*dari berbagai sumber

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar