Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Altum Angelfish, Si Malaikat Pemalu

Altum Angelfish
Altum Angelfish (becuo.com)
Sobat pecinta aquarium dan ikan hias?? Kalau iya, pasti sudah tak asing lagi dengan ikan hias yang bernama ikan Manfish atau ikan Angelfish, karena memang ikan ini adalah yang paling umum dipelihara di aquarium selain ikan mas koki. Ikan Angelfish, ikan malaikat? kenapa disebut demikian ya? Habitat awal ikan ini berasal dari tiga sungai yaitu Amazon, Orinoco dan Essequibo, dimana sungai-sungai tersebut berada di Amerika Selatan.

Ikan ini mempunyai ciri khas berupa bentuk tubuhnya yang pipih dan di bagian dada terdapat dua sirip yang menjuntai ke bawah menyerupai kumis, sirip punggung dan sirip perutnya seolah membentuk sudut ke arah mulutnya, ini mejadikan bentuk tubuhnya mirip anak panah, benar-benar cantik seperti malaikat.

Altum Angelfish atau pterophyllum altum. Tampilan Altum Angelfish yang berasal dari sungai Orinoko ini cukup sederhana namun sangat cantik, dimana tubuhnya seolah berupa kanvas berwarna dasar perak yang gemerlap dihias dengan tiga garis vertikal berwarna hitam, satu garis di kepala melewati mata, satu garis melewati insang dan sirip kayuhnya, dan satu garis ditengah badannya melintang dari ujung sirip atas sampai ujung sirip bawahnya, selain itu ada juga garis hitam vertikal di pangkal ekornya.

Walaupun ukuran tubuhnya terhitung yang paling besar diantara jenis Angelfish lainnya, namun ikan ini sangat pemalu dan jauh dari sifat agresif, ia sangat takut oleh gerakan mendadak atau cepat. Dengan sifatnya yang pemalu tersebut, jika kita ingin memeliharanya alangkah lebih baik kalau ikan ini tidak disatukan dengan ikan lainnya, lagipula ikan ini akan terlihat lebih cantik jika sedang bergerombol bersama sesamanya, ya, coba lihat saja gambar berikut ini ;

Altum Angelfish
Altum Angelfish (becuo.com)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar