Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Black Molly, Si Hitam Manis

Ikan Black Molly (normalaquatics.com)
Sobat ingin memelihara ikan hias tapi hanya mempunyai tempat yang terbatas? mungkin ikan bernama black molly ini bisa jadi solusinya. Ikan ini mempunyai ukuran yang mungil tapi tidak kalah cantik dengan ikan hias lainnya. Ikan berwarna hitam mengkilat dari kepala sampai ekor ini terhitung mudah dipelihara dalam aquarium. Ukuran tubuh molly dewasa bisa mencapai panjang tubuh sekitar 5 – 7 cm sehingga cocok ditempatkan dalam aquarium kecil sekalipun.

Ia akan tetap sehat asalkan air aquarium selalu dalam keadaan bersih, bahkan bila black molly jantan dan betina dipelihara secara bersamaaan dalam satu aquarium/tank, ikan ini akan mudah berkembangbiak. Saya pun pernah beberapa kali memelihara black molly dan melihat mereka kawin lalu berkembang biak, padahal tidak ada niat sama sekali untuk mengawinkannya.

Ikan black molly termasuk ikan ovovivipar, dalam artian ia mengandung dan menetaskan telur dalam perutnya. Sang anak akan keluar dari perutnya ketika telur sudah menetas, jadi sepintas ikan ini seperti melahirkan, padahal sebenarnya ia bertelur dan telurnya tersebut menetas di dalam perutn. Bagi sobat yang ingin menyengaja mengawinkan atau memijahkan blck molly bisa dicoba cara berikut ini,  Cara memijahkan Ikan black molly :
  • Gunakan akuarium berukuran 70x43x30 cm atau ukuran yang hampir sama dengan itu, 
  • Tempatkan sejumlah blck molly dengan perbandingan 10 induk betina dan 5 ekor induk jantan dengan ukuran sekitar 4-6 cm dan umur 3 bulan.
  • Sediakan tanaman air untuk tempat bersembunyi anakan black molly jika sudah menetas
  • Tunnggu satu minggu, dalam kurun waktu tersebut indukan black molly akan kawin dan berkembang biak, biasanya anaknya akan langsung bersembunyi di sela-sela tanaman air ketika ia sudah menetas
  • Segera berikan pakan berupa kutu air pada anakan black molly tersebut, dan seiring perkembangannya ganti pakannya menggunakan cacing sutera
Ikan ini termasuk ikan pendamai dan aktif bergerak. Ia juga sangat senang berada diantara tanaman air, dengan demikian ikan ini juga cocok untuk mengisi aquascape (taman air) sobat semua. Black molly ini sejatinya berasal dari sungai amazon dan sungai-sungai di di amerika selatan, namun sekarang sudah banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Karena ukuran tubuh dan mulutny kecil, ikan black molly ini biasanya diberi pakan cacing sutera atau cacing beku, namun demikian ikan ini juga tidak keberatan untuk memakan pelet asalkan sudah dihancurkan dan menjadi bubuk pelet.

*dari berbagai sumber

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar