Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Salak Bongkok, Sensasi Rasa & Khasiatnya Ok

Salak Bongkok
Salak Bongkok Baru Dipetik
Apa diantara sobat ada yang suka dengan buah salak? buah yang orang barat sering menyebutnya dengan snake fruit ini biasanya mempunyai rasa agak asam kecut dan sedikit manis, buah ini biasanya cocok disantap siang hari ketika panas sedang terik-teriknya, karena rasanya yang dominan asam bisa menyegarkan dan menghilangkan rasa kantuk, sebutan snake fruit ini didapat karena kulit buahnya mempunyai sisik yang mirip dengan binatang ular.

Buah yang daun pohonnya berbentuk majemuk manyirip ini mempunyai nama latin Salacca Zalacca dan banyak tumbuh di berbagai pelosok negara kita, umumnya buahnya dijadikan buah meja yang disantap langsung ataupun dijadikan manisan. Dalam satu buah salak biasanya terdapat tiga keping buah dengan ukuran besar dan kecil.

Berbicara tentang buah salak yang terkenal di Indonesia, beberapa dari sobat mungkin akan langsung menebak bahwa itu adalah salak pondoh dan salak condet karena memang buah salak tersebut sudah terkenal dan digemari banyak kalangan. Tahukah sobat, Kabupaten Sumedang juga ternyata mempunyai hasil bumi unggulan dari buah yang pohonnya berduri-duri tersebut, namanya adalah Salak Bongkok. Buah Salak ini bisa dibilang eksklusif karena hanya bisa ditemui di wilayah Desa Bongkok, Kabupaten Sumedang.

Salak bongkok, mungkin namanya tidak sefamiliar salak pondoh dan lainnya, namun ia sangat diminati oleh para pelancong yang kebetulan singgah di Sumedang karena rasanya yang berbeda dari buah salak kebanyakan yang berasa dominan asam, salak bongkok ini mempunyai perpaduan rasa manis asam menyegarkan.

Salak Bongkok
Pohon Salak Bongkok Sedang Berbuah
Secara tampilan salak bongkok ini sama saja seperti buah salak lainnya, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar dan lebih wangi, dan jika kebanyakan buah salak menimbulkan sensasi sepat setelah memakannya maka tidak demikian dengan salak bongkok ini, rasanya yang khas menyegarkan seolah memberikan sensasi yang berbeda di lidah bagi yang menyantapnya.

Melihat keunggulan dan nilai ekonomisnya yang cukup tinggi, sebagian besar masyarakat di Desa Bongkok menjadi petani salak sehingga kita bisa melihat banyak pohon salak berjejer di sepanjang jalan Kecamatan Conggeang - Buahdua.

Pedagang buah salak bongkok ini bisa banyak dijumpai di sekitar jalan raya Bandung - Cirebon blok Paseh Sumedang dan juga di sepanjang jalan Kecamatan Conggeang menuju Kecamatan Buahdua, biasanya ia menjadi oleh-oleh atau buah tangan bagi mereka yang berwisata kedaerah tersebut seperti misal ke pemandian air panas atau ke Curug Ciputrawangi. Selain harganya yang cukup terjangkau, kekhasan dari salak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut, banyak diantaranya yang mencicipinya langsung ditempat/kios penjualnya.

Setelah melalui riset penelitian, para ahli mengatakan bahwa ekstrak salak bongkok mampu menghasilkan zat antihiperurikemia yang dapat mencegah penyakit asam urat. Selain itu dikatakan bahwa salak bongkok mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan karena mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh (Sumber : Harian Pikiran Rakyat). Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi para penikmat salak bongkok karena selain rasanya yang khas ternyata salak bongkok juga mempunyai manfaat yang cukup besar dan baik bagi kesehatan.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Salak Bongkok, Sensasi Rasa & Khasiatnya Ok" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/04/salak-bongkok-sensasi-rasa-manfaatnya-ok.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar