Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Wana Wisata Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Wana Wisata Curug Ciputrawangi
Wana Wisata Curug Ciputrawangi, merupakan salah satu curug (air tejun) yang ada di Sumedang, curug ini termasuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas, curugnya berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Udara sejuk langsung terasa ketika admin tiba di jalan masuk menuju Curug Ciputrawangi ini, pohon-pohon besar dan rindang serta gemericiknya air yang terdengar dari jauh meneduhkan pandangan serta pikiran, benar-benar membuat rileks, namun ternyata ini tidak serta merta mempertemukan admin dengan curug yang akan admin kunjungi, karena berawal dari sebuah pos pendakian jalanan yang lumayan menanjak sudah menunggu untuk ditaklukkan.

Jalan Masuk Menuju Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Medan Jalan Menuju Curug Ciputrawangi
Admin sempat beberapakali berhenti untuk sejenak mengambil nafas dalam pendakian, bisa sobat bayangkan gambar diatas adalah salah satu blok jalan setapak yang harus admin lalui untuk sampai ke Curug Ciputrawangi ini. Nuansa "hutan" benar-benar terasa disini, ditambah lagi hujan rintik-rintik yang kala itu mulai turun menambah suasana petualangan, namun demikan suara burung yang saling bersahutan serta sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan seolah memberi tenaga tambahan bagi admin untuk terus mendaki, padahal jujur saja admin orangnya jarang sekali berolah raga. Dari jauhpun aliran airnya sudah mulai tampak dihilir.

Suasana ketika admin mendaki sangat sepi, seolah hanya ada admin sendiri yang mengunjungi curug ini saat itu, tapi ternyata ketika sampai di atas lumayan banyak yang berkunjung kesini mulai dari yang hanya sekedar bersantai sampai yang pacaran pun ada. Seperti pada foto atau gambar dibawah adalah siswa sekolah yang setelah admin sapa dan admin tanya katanya mereka adalah siswa dari salah satu sekolah di daerah Gantar Indramayu.

Curug Ciputrawangi
Pengunjung Curug Ciputrawangi
Nuansa alam berupa air terjun yang dikelilingi rindangnya pepohonan menjadikan kawasan ini cocok dikunjungi untuk sejenak melepas lelah, air terjun ini memang tidak begitu tinggi, namun tetap memiliki eksotisme tersendiri. Curug Ciputrawangi ini memang agak jauh dari pusat keramaian kota Sumedang, letaknya yang berada di dalam hutan membuat kita harus masuk ke desa-desa di kaki Gunung Tampomas, namun demikian ternyata wisatawan yang datang kesini bukan hanya wisatawan lokal asal Sumedang saja melainkan ada juga pelancong dari luar daerah yang sering datang kemari, paling sering adalah dari daerah Indramayu, karena Curug Ciputrawangi ini juga lumayan dekat dengan Perbatasan Sumedang dan Indramayu, seperti teman-teman dari daerah Gantar Indramayu diatas yang kebetulan sedang berkunjung kesini, dan ternyata ketika admin sudah akan pulang semakin banyak pengunjung yang akan datang kesini dan kebetulan berpapasan dengan admin di jalur pendakian.

Curug Ciputrawangi
Curug Ciputrawangi
Segar rasanya badan dan pikiran ini setelah sejenak singgah disini, namun ada satu yang admin sayangkan dan membuat admin bertanya-tanya sampai kapan aksi-aksi vandalis atau budaya coret-coret serta buang sampah sembarangan akan ada di Indonesia, rasanya hampir di semua tempat perbuatan iseng seperti ini masih saja ada.

Curug Ciputrawangi
Budaya Jahilliyah
Video Curug Ciputrawangi

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Wana Wisata Curug Ciputrawangi" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/01/wana-wisata-curug-ciputrawangi.htm"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar