Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Situs Karamat Inten Sumedang


Karamat Inten

Daerah tatar Sunda sejak dulu dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak situs purbakala peninggalan masa lampau, tak terkecuali dengan Sumedang, dimana situs-situs yang ada di Sumedang sebagian besar merupakan peninggalan masa-masa kerajaan mulai dari Kerajaan Tembong Agung, Himbar Buana, hingga Sumedang Larang. Dari sekian banyak situs yang ada di Sumedang sebagian besar telah terekspose ke luar dan tentunya kita pun mudah untuk mencari referensiya baik melalui buku-buku ataupun melalui mesin pencarian di internet.

Berbicara tentang sebuah situs, situs yang akan admin tulis dipostingan kali ini sepertinya belum pernah terekspose. karena ketika admin cari referensinya di mesin pencarian dan litelatur yang lain ternyata tidak ada uraian atau penjelasan sama sekali mengenai situs yang admin jumpai ini. Situs ini bernama Karamat Inten, berbentuk Sarkofagus kubur batu dengan batu-batu yang disusun sedemikian rupa khas peninggalan prasejarah. Sebenarnya admin tidak sengaja menemukan jalan ke tempat situs ini berada dan pada akhirnya kebetulan menjumpai situs ini, karena pada awalnya admin mencari sebuah air terjun yang katanya disebut dengan curug inten.

Karamat Inten

Perjalanan menuju situs ini medannya bisa dibilang cukup sulit, sekedar memberikan gambaran untuk menuju kesini kita akan melewati sebuah jalan setapak berbatu dengan kontur naik turun yang licin, disebelah kanan jalan dimulai dengan hanya gundukan tanah yg ditumbuhi ilalang, tapi makin jauh gundukan tanah makin meninggi dan membuat kita seakan sedang berjalan di pinggiran bukit, sedangkan sebelah kiri jalan adalah gawir (jurang) dan tidak terdapat pagar pengaman. Jalannya pun hanya cukup untuk satu motor saja, jadi jika kita berpapasan dengan seseorang ataupun motor yang lain dari arah berlawanan maka salah satunya harus mengalah.

Untuk menuju ke Situs Karamat Inten ini sebenarnya jalurnya sama dengan jalur menuju Kawasan Agroteknobisnis Sumedang (KAS) di Nangorak Sumedang Selatan, hanya saja nanti ditengah perjalanan menuju KAS kita akan menemui jalan setapak kecil sebelah kiri jalan, jalan inilah yang jika terus ditelusuri maka akan sampai ke situs ini.

Nampaknya, belum ada yang berminat untuk meneliti dan menulis situs ini, entah ini situs peninggalan jaman kerajaan, situs makam pendiri desa atau yang lainnya. Karena letaknya yang bisa dibilang masuk ke dalam hutan, sepertinya jarang sekali orang yang lewat kesini. dan disayangkan juga ketika admin berkunjung kesini pun, tidak ada orang yang bisa admin mintai keterangan tentang situs ini.

Namun sekali lagi, admin pribadi belum menemukan sumber tentang siapa yang dimakamkan di situs ini dan dari masa apa situs ini berasal, entah karena memang belum ada sumbernya karena belum ada yang meneliti dan menulis, atau mungkin memang admin pribadi yang belum menemunkan, maka dari itu apabila ada sobat yang mengetahui tentang situs ini admin mohon pencerahannya dan mohon dikoreksi apabila di tulisan ini terdapat kesalahan, terima kasih.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Situs Karamat Inten" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/10/situs-karamat-inten.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar