Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Sawah Terasering


Pemandangan Sawah Terasering di Cadas Pangeran

Foto atau gambar diatas adalah pemandangan di salah satu sudut Jalan Cadas Pangeran, yaitu pemandangan berupa sawah terasering, sawah yang ber trap-trap atau bertingkat-tingkat. Kenapa sawah di Kabupaten Sumedang kebanyakan berupa trap-trap sengkedan yang bertingkat-tingkat? Tidak seperti daerah lumbung padi lainnya di Jawa Barat seperti Indramayu dan Cirebon, sawah-sawah di Kabupaten Sumedang pada umumnya memang menggunakan sistem sawah seperti ini dikarenakan kondisi alamnya yang berbukit-bukit. Sawah yang rata membentang hanya dapat dijumpai di sebagian kecil daerah saja di Kabupaten Sumedang.

Sawahs van Pasehin de omgeving van Soemedang
(Sumber : KITLV)

Pangeran Soeriaatmadja atau Pangeran Mekah, adalah seorang tokoh masyarakat yang juga merupakan salah satu Bupati Sumedang di masa lalu yang mempopulerkan sistem pertanian seperti ini di Kabupaten Sumedang. Beliau adalah seorang ahli pertanian dan sangat mencintai pertanian, dengan kecintaannya terhadap pertanian tersebut beliau memikirkan bagaimana caranya agar pertanian di Kabupaten Sumedang bisa maju mengingat kondisi alam Sumedang yang berbukit-bukit dan rawan erosi jika lahannya dijadikan lahan pertanian, karena kebanyakan daerahnya berupa lahan miring.

Dengan membuat trap-trap bertingkat atau sengkedan seperti inilah maka kemungkinan erosi bisa lebih diminimalisir dan lahan berbukit yang ada bisa tetap dioptimalkan dengan ditanami padi. Pangeran Soeriaatmadja juga merupakan pendiri sekolah pertanian pertama di Indonesia, yang juga menerapkan wajib belajar untuk pertama kalinya.

Sawah Terasering di Cibeureum

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Sawah Terasering" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/10/sawah-terasering.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar