Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Elang Hitam


Elang Hitam

Ketika memandangnya sepintas, terlihat gagah sekali burung ini, sorot matanya sangar dan tajam. Karena kegagahannya inilah mungkin sebagian orang senang memeliharanya, burung elang ini merupakan jenis elang hitam.

Elang Hitam, merupakan elang yang banyak hidup di area pegunungan dan hutan seperti di Gunung Tampomas, tubuhnya berukuran besar dengan rentang sayap yang lebar, admin lihat burung diatas dari paruh hingga ekor mungkin panjangnya sekitar 70 cm-an, dengan sayap dan ekor yang panjang burung ini nampaknya akan tampak besar dan gagah ketika terbang di angkasa. Sluruh bulunya berwarna hitam kemerahan dengan sedikit bercak putih dibagian perutnya serta berwarna kuning pada kaki dan pangkal paruhnya, warna kuning pada kaki dan pangkal paruhnya ini merupakan ciri khasnya.

Tidak seperti Elang Bondol yang habitatnya mulai berkurang drastis dan diambang kepunahan, elang hitam ini populasinya masih cukup banyak, tapi meskipun demikian elang hitam ini juga dilindungi oleh Undang-undang Republik Indonesia sama halnya seperti elang bondol. Jadi, bagi mereka yang hobi memelihara burung elang dari jenis apapun harus siap berhadapan dengan undang-undang. Tapi kenapa masih ada saja yang memeliharanya? yang menjual pun banyak yang menjualnya secara terang-terangan tanpa rasa takut. Sedang di pelosok-pelosok daerah, kebanyakan mereka yang memelihara burung elang adalah hasil tangkapan mereka sendiri.

Karena habitat hidupnya di pegunungan, beberapa daerah di Sumedang tentunya menjadi tempat yang nyaman dan cocok bagi kehidupan elang ini, oleh sebab itu tidak heran kalau lumayan banyak yang memelihara elang hitam ini disini, salah satunya adalah elang hitam di atas yang gambarnya sempat saya abadikan. Menurut pemiliknya, elang ini kabur beberapa hari setelah foto atau gambar ini diambil, pastinya elang ini juga ingin terbang bebas dan menjalani dunianya sendiri, bukan begitu?

Note :Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Elang Hitam" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/10/elang-hitam.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar