Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Tugu Perbatasan #4 (Sumedang - Bandung) 2013


Gapura Perbatasan Sumedang-Bandung

Setelah dulu sedikit bercerita tentang perbatasan-perbatasan Kabupaten Sumedang dengan kabupaten lain yaitu diantaranya saja Perbatasan Sumedang - Garut, Perbatasan Sumedang - Subang, dan Perbatasan Sumedang - Indramayu, kali ini admin akan sedikit bercerita tentang Perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Bandung yang berada di Kecamatan Jatinangor.

Gapura perbatasan ini adalah hal yang pertama kali admin lihat ketika baru-baru ini kembali ke Sumedang setelah setahun merantau.

Ketika admin pulang dari Kalimantan, gapura perbatasan ini sudah berubah seperti yang tampak pada foto atau gambar di atas, dari asalnya bisa dibilang lusuh dan tidak terawat sekarang terlihat lebih nyeni dengan corak dominan merah yang admin sendiri belum tahu apa arti dan filosofinya, mungkin untuk menegaskan bahwa kendaraan yang melewati gapura ini akan memasuki daerah "Puseur Budaya Sunda" (pusat budaya sunda) seperti yang tertulis di gapura tersebut.

Jika di perbatasan Sumedang - Indramayu seperti yang pernah diceritakan dulu hal yang banyak dikeluhkan pengendara adalah jalan rusak, maka di sekitaran perbatasan ini hal yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengendara adalah...MACET. Jadi bagi sobat yang akan mengunjungi Sumedang, Majalengka, Cirebon, dan seterusnya melalui jalur ini, maka setelah melewati gapura ini bersiap-siaplah terjebak macet karena sekitaran daerah ini menjadi salah satu simpul kemacetan di Kabupaten Sumedang.

Kemacetan yang terjadi konon salah satu penyebabnya adalah karena disini berkumpul beberapa Perguruan Tinggi terkemuka seperti Unpad kampus Jatinangor, ITB kampus Jatinangor (tempatnya di ex kampus Unwim), IPDN, dan Ikopin. Tapi menurut admin pribadi, kemacetan di tempat ini adalah akibat dari tidak seimbangnya volume kendaraan yang lewat dengan badan jalan yang ada. Jika jalan Tol Cisumdawu sudah jadi dan selesai dibangun, barulah katanya kemacetan di daerah ini bisa diatasi.

Kalau sobat berkunjung ke Kecamatan Jatinangor ini, sobat bisa melihat bangunan bersejarah peninggalan dari zaman belanda yaitu Jembatan Cincin dan Menara Loji yang juga menjadi Landmark Kecamatan Jatinangor.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Tugu Perbatasan #4 (Sumedang - Bandung)" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/05/tugu-perbatasan-5-sumedang-bandung.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar