Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Situs Batu Kasur, Benarkah Ini Sebuah Situs ??


Situs Batu Kasur

Situs Batu Kasur, itulah nama yang tertera disebuah papan kecil yang berada di dekat susunan batu ini, situs ini terdapat di kawasan Wisata Panenjoan Desa Pasirbiru, sangat dekat dengan lokasi Pembangunan Rumah Pemangku Adat. Tapi benarkah susunan batu ini adalah sebuah situs ?? admin sebenarnya agak ragu, karena jika memang susunan batu ini adalah sebuah situs pastilah akan dijaga dengan baik, minimal diberi pagar, papan peringatan tidak bolah merusak situs, dan yang sejenisnya.

Kenapa admin katakan demikian, karena admin sempat dua kali mendatangi tempat situs ini berada, dikali kedua admin melihatnya, kondisi situs ini nampaknya sudah sedikit berubah susunannya dan tampak berbeda dari pertama kali admin melihatnya (mungkin hanya perasaan), bukankah sebuah situs harus dijaga keautentikannya, orisinalitasnya, susunan batu dan segala yang ada padanya harus dijaga ? tapi nampaknya tidak demikian dengan situs ini, foto atau gambar di atas adalah yang admin ambil di kali kedua mendatangi tempat ini...sayang pada kunjungan pertama admin tidak mengabadikan gambarnya, jadi tidak terlihat juga before and after nya.

Susunan batu situs ini sangat rawan dan memungkin sekali untuk berubah, kenapa? karena sama sekali tidak ada pembatas atau pagarnya, tidak ada peringatan juga, jadi mungkin bisa saja situs itu diduduki dan mendapat perlakuannya lainnya, apa lagi situs ini berada disebuah kawasan wisata yang notabene pastilah dikunjungi oleh orang secara kontinyu.

Yang membuat admin semakin ragu, admin sudah cari ternyata tidak ada referensi ataupun litelatur yang menjelaskan tentang situs ini, apalagi mengingat lokasi situs ini mudah untuk dijangkau, mustahil tidak ada yang tertarik untuk meneliti dan atau minimal menulisnya, dan sayangnya ketika admin berkunjung tidak ada narasumber yang bisa admin mintai keterangan. Jadi admin masih ragu, karena situs ini tidak diperlakukan sebagaimana layaknya sebuah situs, sebuah warisan budaya yang tentunya akan menjadi kebanggaan.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Situs Batu Kasur, Benarkah Ini Sebuah Situs ??" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/05/situs-batu-kasur.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar