Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Wisma Gending


Wisma Gending

Wisma Gending, nuansa-nuansa dalem dan bangsawan zaman dulu langsung terasa ketika melihat wisma ini. Wisma Gending adalah salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sumedang yang masih terawat hingga saat ini, seperti halnya Museum Prabu Geusan Ulun.

Sedikit membaca uraian tentang Wisma Gending dari Historiamag, admin jadi tertarik untuk sedikit menceritakan kembali tentang Wisma Gending ini, dimana Wisma ini konon merupakan bekas kediaman Dalem Bandung RAA Martanegara yang terletak di Jalan Pangeran Santri.

Menurut beberapa sumber, RAA Martanegara ini tidak lain tidak bukan adalah cicit dari Pangeran Kornel, salah satu pemimpin Sumedang yang sangat dikagumi karena kisah heroiknya dalam menentang kesewenang-wenangan Daendels ketika membangun jalan Cadas Pangeran.

Lihat : Historiamag

Kesan antik masih tertanam dengan jelas pada bangunan ini, jika kita masuk ke Wisma Gending ini kita akan langsung merasa masuk ke dimensi masa lalu, dimana ornamen dan berbagai furniture yang ada disetiap ruangannya menciptakan kesan atau suasana yang kental dengan romansa kehidupan para dalem atau bangsawaan sunda tempo dulu.

Dalam perkembangannya, kabarnya sekarang Wisma Gending yang terletak di Kelurahan Kota Kulon ini dikelola oleh yayasan Gending Sinangling (Gending yang bercahaya) dan terbuka untuk acara-acara umum seperti pernikahan, seminar, rapat, dan acara-acara lainnya...bagi sobat yang masih melajang barangkali berminat untuk melaksanakan resepsi pernikahan di tempat ini ? tentunya keren kalau foto-foto pernikahannya bernuansakan bangsawan tempo dulu.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Wisma Gending" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/04/wisma-gending_16.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar