Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur


Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur

Ketika berkesempatan singgah di kota Surabaya, Wewengkon Sumedang berkesempatan mengunjungi Stasiun Gubeng, sebuah stasiun yang telah menjadi bangunan Cagar Budaya di kota Surabaya...karena bangunan Stasiun Gubeng ini merupakan bangunan Cagar Budaya, maka tentunya kita dilarang merusak, dan bahkan jika stasiun ini akan dibangun pun dilarang untuk mengubah bentuk aslinya, jika dilanggar maka tentunya akan mendapat hukuman pidana sesuai undang-undang. Kabarnya Stasiun Gubeng yang merupakan stasiun terbesar di Kota Surabaya ini dibangun dengan arsitektur lebih modern dan lebih luas pada tahun 1990-an, disisi timur rel KA, sedangkan pada waktu awal dibangunnya stasiun ini dibangun di sisi sebelah barat rel KA.

Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur utama, di mana jalur 1 (paling barat) biasanya digunakan untuk pemberangkatan KA Ekonomi ke arah selatan, jalur 2 untuk kedatangan kereta dari arah selatan, jalur 3 dan 4 digunakan untuk tempat singgah KA Logawa, Sri Tanjung, dan Penataran Icon selama proses langsiran lokomotif dan sebagai jalur berjalan langsung untuk KA Barang, jalur 5 digunakan untuk kedatangan KA Mutiara Selatan dari Bandung dan juga sebagai jalur berjalan langsung untuk KA Barang dan jalur 6 (paling timur) digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan KA Bisnis dan eksekutif. Di bagian utara jalur 6 ada jalur yang bercabang menuju Balai Yasa (BY)/bengkel KA Surabaya Gubeng. Saya sampai ke Stasiun Gubeng dengan cara menaiki kereta api Mutiara Selatan ketika pelesiran ke Surabaya, tepatnya ketika akan berkunjung ke Monumen Kapal Selam.

Sumber Rujukan : http://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Surabaya_Gubeng

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Stasiun Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur" dengan link url sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2012/10/stasiun-gubeng-kota-surabaya-jawa-timur.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar