Wana Wisata Curug Ciputrawangi

Baca Juga

Curug Ciputrawangi
Wana Wisata Curug Ciputrawangi
Wana Wisata Curug Ciputrawangi, merupakan salah satu curug (air tejun) yang ada di Sumedang, curug ini termasuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas, curugnya berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang. Udara sejuk langsung terasa ketika admin tiba di jalan masuk menuju Curug Ciputrawangi ini, pohon-pohon besar dan rindang serta gemericiknya air yang terdengar dari jauh meneduhkan pandangan serta pikiran, benar-benar membuat rileks, namun ternyata ini tidak serta merta mempertemukan admin dengan curug yang akan admin kunjungi, karena berawal dari sebuah pos pendakian jalanan yang lumayan menanjak sudah menunggu untuk ditaklukkan.

Jalan Masuk Menuju Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi
Medan Jalan Menuju Curug Ciputrawangi
Admin sempat beberapakali berhenti untuk sejenak mengambil nafas dalam pendakian, bisa sobat bayangkan gambar diatas adalah salah satu blok jalan setapak yang harus admin lalui untuk sampai ke Curug Ciputrawangi ini. Nuansa "hutan" benar-benar terasa disini, ditambah lagi hujan rintik-rintik yang kala itu mulai turun menambah suasana petualangan, namun demikan suara burung yang saling bersahutan serta sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan seolah memberi tenaga tambahan bagi admin untuk terus mendaki, padahal jujur saja admin orangnya jarang sekali berolah raga. Dari jauhpun aliran airnya sudah mulai tampak dihilir.

Suasana ketika admin mendaki sangat sepi, seolah hanya ada admin sendiri yang mengunjungi curug ini saat itu, tapi ternyata ketika sampai di atas lumayan banyak yang berkunjung kesini mulai dari yang hanya sekedar bersantai sampai yang pacaran pun ada. Seperti pada foto atau gambar dibawah adalah siswa sekolah yang setelah admin sapa dan admin tanya katanya mereka adalah siswa dari salah satu sekolah di daerah Gantar Indramayu.

Curug Ciputrawangi
Pengunjung Curug Ciputrawangi
Nuansa alam berupa air terjun yang dikelilingi rindangnya pepohonan menjadikan kawasan ini cocok dikunjungi untuk sejenak melepas lelah, air terjun ini memang tidak begitu tinggi, namun tetap memiliki eksotisme tersendiri. Curug Ciputrawangi ini memang agak jauh dari pusat keramaian kota Sumedang, letaknya yang berada di dalam hutan membuat kita harus masuk ke desa-desa di kaki Gunung Tampomas, namun demikian ternyata wisatawan yang datang kesini bukan hanya wisatawan lokal asal Sumedang saja melainkan ada juga pelancong dari luar daerah yang sering datang kemari, paling sering adalah dari daerah Indramayu, karena Curug Ciputrawangi ini juga lumayan dekat dengan Perbatasan Sumedang dan Indramayu, seperti teman-teman dari daerah Gantar Indramayu diatas yang kebetulan sedang berkunjung kesini, dan ternyata ketika admin sudah akan pulang semakin banyak pengunjung yang akan datang kesini dan kebetulan berpapasan dengan admin di jalur pendakian.

Curug Ciputrawangi
Curug Ciputrawangi
Segar rasanya badan dan pikiran ini setelah sejenak singgah disini, namun ada satu yang admin sayangkan dan membuat admin bertanya-tanya sampai kapan aksi-aksi vandalis atau budaya coret-coret serta buang sampah sembarangan akan ada di Indonesia, rasanya hampir di semua tempat perbuatan iseng seperti ini masih saja ada.

Curug Ciputrawangi
Budaya Jahilliyah
Video Curug Ciputrawangi

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Wana Wisata Curug Ciputrawangi" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/01/wana-wisata-curug-ciputrawangi.htm"

113 comments:

  1. kayanya masih perawan ya kang, tapi sayang banyak tangan2 jahil yang mengotori ya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jomblo ya kang Muroi ... :o

      Delete
    2. kalo ada tangan jahil, berarti udah nggak perawan tuh

      Delete
    3. berarti hutannya masih gadis ya mas mas, hehehe :-)

      Delete
    4. Halo wewengkon sumedang apakabarnya? Happy blogging ya?

      Delete
    5. walah ini kok malah ngomongin perawan :-)
      happy blogging semuanya :)

      Delete
    6. Selamat Malam Kang WS Anu Bageur ijin simak artikel Curug Ciputrawangi na
      Indah dan sangat alami yah Kang Tempatnya. enak buat Liburan nih Kang WS :>)

      Delete
    7. sampah sampah berserakan juga.

      Delete
    8. @ selamat malam kang karrys...iya silahkan kang :)

      @ iya ya mas djangkaru, sangat disayangkan

      Delete
    9. Daftar hadir kembali Kang WS Di artikel yang penuh dengan
      Keindahan alami nuansa parahiangan yang sejuk alami :)

      Delete
  2. sampah yang bikin keindahan alam berkurang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, walau bagaimanapun kalau gak ada kesadaran dari diri sendiri mah susah ya

      Delete
  3. Indahnya, andaikan aku sampai di sana, kurebahkan tubuhku seharian ku lepaskan segalanya he hee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hati2 mas jangan dilepas semuanya (m)

      Delete
  4. kayaknya adem tuh om
    sayang ya sampahnya...

    eh itu kalo di foto curugnya ada orangnya kayaknya lebih asik. cuma buat pembanding aja biar yang liat bisa menaksir ketinggian curugnya seberapa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kang, karena datang kesini sendiri jadi ga ada yg bisa disuruh berpose, mau minta potoin ke pengunjung lain malu ah pada2 bawa pacarnya :-t

      Delete
    2. si om mah ga bisa memanfaatin keadaan
      minta tolong ke cowoknya suruh moto
      si om eksen bareng ceweknya
      gitu aja kok repot
      *paling paling disambit pake kamera :D

      Delete
    3. nah itu kang paur ah, jaba nanti kalo ceweknya nanti jadi naksir ka W bagemanah hehehe :-)

      Delete
  5. meni endah kitu eta curug, sok hoyong nyaba ka dinya da hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami uing ge hoyong nyaba ka Curug Ciputrawangi hehehe...

      Delete
    2. sami abdi oge hoyong ka curug :)

      Delete
  6. senang bisa maen ke curug ya mas WS, apalagi pemandangannya bikin sejuk mata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi jalan kesananya ngos-ngosan ... :o

      Delete
    2. iya mas, biar sambil ngos-ngosan juga kan olahraga mas heheh

      Delete
  7. Dimana-mana selalu ada tangan-tangan jahil, semoga Curug Ciputrawangi dapat dipertahankan keasriannya :)

    ReplyDelete
  8. pemandangan alamnya benar2 asri dan alami ya mas hutan wisata curug-ciputrawangi ini, makasih sharingnya kesukaan saya tentang keindahan alam
    :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lihat keindahan alam yang asri seperti curug ciputrawangi pasti bikin suasana hati lebih rileks dan nyaman yah mbak :)

      Delete
    2. Apalagi sambil gandeng yang bening-bening ya mas ... :o

      Delete
    3. nah saya juga ikut menggarisbawahi wejangan dari mas isnaeni hehe

      Delete
  9. baru ngeliat fotonya, udah terasa sejuk dan semilirnya. weiszzzzz

    ReplyDelete
  10. Biar susah berpayah-payah tapi pasti asyik ya mas ws...apalagi pemandangan alami seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuansa alam yang masih alami membuat kita puas bisa mampir sana yah, saya juga pengen ke sana pasti asyik banget nih :)

      Delete
    2. iya, kalau sudah sampai lokasi mah serasa lupa lelah2 dan capek2 diperjalanan mbak indah n mas eka :)

      Delete
  11. ini salah satu tempat wisata yg menarik namun kurang ke ekspose ya kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lumayan terekspose kok mbak hehe...cuma memang nampaknya belum maksimal pengelolaannya

      Delete
  12. tempat wisatanya keren banget kang...
    :>)

    ReplyDelete
  13. Lihat fotonya kayaknya bagus, dari pos pendakian kira2 jarak tempuhnya berapa menit sampe ke curug-nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kira-kira 15-20 menitan mas kalau cepet n ga berenti2 mah...kalau WS mah lama karena beberapa kali berhenti hhe

      Delete
  14. keren banget kang tempat wisatanya
    adem kali ya
    :>) aja kang

    ReplyDelete
  15. ternyata dicongeang ada curug ya....jadi ngiri deh sama ci akang, bisa kelayapan kemana-mana ngelilingin sumedang, sayah mah udah ngga gituh hapal Sumedang, kesempatan bisa piknik ke Curug Ciputrawangi dan tempat wisata lainnya susah deh...palingan ke Gunung kunci doang...itu ge' cuman lewat, ngga mampir...hadeuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhee kan judulnya juga lets explore sumedang kang...jadi sebisa mungkin deh mengeksplorasi sumedang :)) yang penting mah dapet ijin istri heheh tiap hari libur pasti bisa kelayapan. Tapi sekaran2 mah rada kurang bisa kelayapan lagi kang, udah makin sibuk =))

      Delete
  16. wah kayaknya keren tu tempat, tapi sayang kesadaran orang'' akan lingkungan kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesadaran pengunjung mungjin lebih tepatnya ya mas :)

      Delete
  17. sayangnya ada tangan jahil yang suka mencoret2, merusak pemandangan

    ReplyDelete
  18. cantik waterfall di sana.. tentu sesuai berlibur bersama family di sana..

    ReplyDelete
  19. ciri khas wisata Indonesiahhh, panorama yang begitu indah memikat tetapi tidak diikuti kesadaran menjaga keindahannya. Pinginnya yang dikunjungi adalah yang terbaik, tetapi perilakunya justru membuat lingkungan bisa menangis

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ada abegeh yang indehoi

      Delete
    2. hiks...setuju sekali dengan mas pakies =))
      indehoi itu apa ya ?? (m)

      Delete
  20. sepertinya kenal sama pemandangan na tapi belum pernah kesini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah naha atuh kang ?? padahal deket ya dari rumah ?? :))

      Delete
  21. Liburan yang pas untuk akhir semester nanti :D Terimakasih sharingnya kang. Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang enak kalau liburan kesini, salam sukses juga kang

      Delete
  22. Semoga bisa main kesana mas :D

    ReplyDelete
  23. sayang juga yah mas WS tempat wisata yang harusnya dijaga dan dirawat malah dikotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas...sungguh sangat disayangkan ya =))

      Delete
  24. Wana wsiata ciputrawangi indah dan merupakan kawasan destinasi wisata alam yang sangat diminati oleh para wisatawan yang menyukai wisata alam. Dengan udara yang sejuk dan segar, akan membuat paru-paru kita menjadi sehat bila kita melakukan perjalanan wisata di kawasan wsiata curug ciputrawangi.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak heee terima kasih atas tambahannya :)
      salam

      Delete
  25. Tempatnya seger banget, ada air terjunnya pula, pengen nyebur rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi hati2 ya bang takutnya ada yang ngintip

      Delete
  26. masak sih mas WS jarang olahraga, kan tiap malam olahraga sih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dorong gerobak nasi goreng hehe

      Delete
  27. kunjungan rutin gan :) hee ditungu post terbaru :D =p~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee terima kasih mbak telah berkunjung rutin :)
      siaaappp

      Delete
  28. kunjungan pertama nih mas.
    salam kenal. blogwalking ya mas :)

    ReplyDelete
  29. kunjungan pertama nih mas.
    salam kenal. blogwalking ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas sudah berkunjung ke blog ini....salam kenal

      Delete
  30. Ngomongin Curug saya jadi inget lagunya mang Darso "Curug Cinulang" hehehe....
    Kalo Curug Cinulang itu di daerah mana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya ya kang, curug cinulang di sumedang juga kang...mudah2an nati kapan2 bisa WS kunjungi n share juga

      Delete
  31. Kalo di promo kan..bakalan jd tempat wisata yg bikin asyik ya mas :)

    ReplyDelete
  32. indah sekali pemandangannya mas :)

    ReplyDelete
  33. Wah saya ketinggalan berita Wana wisata curug ciputrawangi dari Kang WS Nih
    nyusul Kang? keren dan menarik untuk berlibur nih makasih atas Dokumentasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya kang silahkan nyusul, hatur nuhun :)

      Delete
  34. wisdata yang begini saya suka. Cocok untuk tracking kayaknya mas :)

    ReplyDelete
  35. Wahhh Busettt Tempatnya Indah Bangett kang :D Jadiii Pengenn Maen Kesana :D

    ReplyDelete
  36. wah mantap sekali sobat, jarang saya ketemu yang begituan

    ReplyDelete
  37. tempat nya sangat menarik dan masih alami ya mas di wisata curug ciputrawangi ini. Cocok banget buat liburan sekolah atau berlibur bersama keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...tapi kasihan jangan bawa kakek nenek kesini hehe

      Delete
  38. Kalau kesana nafasku bisa putus nih, tempatnya asik tuk bolos sekolah ya ? karena tidak mungkin guru bisa mencarinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti bawa tabung oksigen ya mas :-)
      nah itu dia, tempat ini pasti susah ditemukan oleh para guru :-t

      Delete
  39. Ah, sayang banget, ada pengunjung yg suka coret-coret dan buang sampah sembarangan. Kesadarannya masih rendah ya, 'A. Semoga mereka bisa sadar bahwa hal itu sangatlah merugikan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...sangat disayangkan ya...harus coba menumbuhkan kesadaran dari diri sendiri, kalau gak begitu mah susah ya...pasti ada saja perilaku yang beginian =))

      Delete
  40. kunjungan rutin mas..kemana aja ..kok gk kelihatan blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas belakangan ini lagi sibuk nih =))

      Delete
  41. Selamat Pagi Kang WS Simak lagi di artikel yang Indah ini
    Salam silaturahmi Kang WS Dan salam sukses sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi kang karrys, terima kasih telah rutin berkunjung...saya malah jarang ya ke blognya kang karrys :)

      Delete
  42. tempat wisata nya masih sangat lestari dan alami ya mas. Jadi masih sejuk banget udara nya. Cocok buat para wisatawan yang ingin berlibur di tempat curug ini untuk melihat pemandangan yang indah :)

    ReplyDelete
  43. pas ke tampomas mau mampir tapi waktunya ga keburu uy.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aja kapan2 kesini lagi ya kang hehe :)

      Delete
  44. Alam yang sangat Indah,
    budaya jahilia harus ditertibkan

    ReplyDelete