Video - Kesenian Kuda Renggong

Baca Juga

Kesenian Kuda Renggong
Kesenian Kuda Renggong
Kesenian Kuda Renggong, sebenarnya kesenian asal Kabupaten Sumedang ini  dulu pernah admin tulis dalam postingan berjudul Kesenian Kuda Renggong, namun dalam postingan tersebut admin hanya memakai gambar sebagai media tambahan dalam penyampaiannya, jadi mungkin selain uraian yang admin paparkan sobat hanya melihat gambar kuda yang didandani sebagai penjelasan atas uraian yang admin sampaikan untuk menerawang seperti apa sih Kesenian Kuda Renggong itu sebenarnya.

Berhubung dulu artikelnya hanya memakai gambar/foto untuk memberikan gambaran bagaimana Kesenian Kuda Renggong tersebut, mungkin diantara sobat-sobat masih ada yang bertanya-tanya seperti apa sebenarnya bentuk kesenian ini? apakah seperti kesenian Jaran Kecak?? atau bagaimana? karena yang terilhat hanya kuda yang didandani saja. Maka dari itu pada kesempatan kali ini admin menyertakan Video Kesenian Kuda Renggong ini untuk menyambung artikel yang terdahulu.

Video Kuda Renggong ini admin ambil di Lingkungan Babakan Hurip, Kecamatan Sumedang Utara dan telah admin upload ke youtube, di video ini terlihat jelas rombongan Kuda Renggong yang berjumlah tujuh ekor berjingkrak-jingkrak mengikuti irama musik. Hanya sayang karena jalan yang relatif sempit dan banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang, laju dari Kuda Renggong ini cenderung lambat dan para penari pengiringpun terlihat tidak begitu leluasa. Berikut videonya :

Video Kesenian Kuda Renggong

Note : di domain terdahulu (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini dapat dijumpai dalam judul artikel "Video - Kesenian Kuda Renggong" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2013/12/video-kesenian-kuda-renggong.html "

114 comments:

  1. wah asyik juga nih kalau bisa naik kuda ya mas hehehe :D
    pasti anak kecil pada suka tuh hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Rin anak-anak pasti suka
      Saya aja suka naik Kuda Renggong Mbak Rin
      Pernah gak Naik Kuda Renggong ?

      Delete
    2. kalau saya belum pernah mas Karys naik kuda soalnya takut jatuh apalagi kalau kudanya jingkrak-jingkrak hehe...

      Delete
    3. Wah enakan Lho Mas Anthonie naik Kuda Renggong
      Kalau gak percaya tanya saja Kang WS Nya betul kan Kang? :))

      Delete
    4. ehehe emang enak kok, jingkrak2 gimana gituh...mana didandani kayak gatotkaca :))

      Delete
    5. wahhh saya juga jadi penasaran nihhh pengen coba naik kuda renggong tapi hmm .. sayangnya saya udah disunat jadi kayaknya mustahil deh bisa naikin Tuh kuda haha

      Delete
    6. siapa yang mau naik kuda renggong. saya ikut dong hehehe

      Delete
    7. yang mau naik kuda renggong harus disunat lagiiii hehehe

      Delete
  2. beda ya mas renggong sama ronggeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir sama sih kang cuma ketuker e dan o aja kok hehe...

      Delete
    2. masak cuma beda di hurufnya aja mas...

      Delete
    3. hee iya ya disini lupa ditulis...dulu WS tulis keterangannya di postingan tentang kuda ronggeng yg sebelumnya, renggong itu katanya metatesis dari kata ronggeng, artinya sama saja akang2

      Delete
  3. klik dulu ah mas biar tahu kuda renggong sumedang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan simak video Kuda Renggong Kang WS
      Mbak Maya suka juga yah Kuda Renggong

      Delete
    2. pasti suka dong, diarak keliling kampung disawer uang lagi heheh :-)

      Delete
  4. Wahhh, jadi pengen naik kuda, he he...

    ReplyDelete
  5. :>)

    nonton videonya dulu lah biar lebih tau :)

    ReplyDelete
  6. Itu dalam rangka pesta apa mas...apa memang khusus cara kuda ronggeng atau seperti carnaval

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang diatas kuda renggong peserta lomba mbak :)
      kuda renggongnya sendiri biasa dipentaskan kalau ada hajatan anak sunatan

      Delete
  7. Kuda renggong sampai saat ini masih eksis ya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah sayamah sudah punah kang Muroi,,,,

      Delete
    2. Di daerah saya malam tambah ramai Mas Roi Kang Dede
      Gak tau nih di daerah sumedang masih ramai gak Kuda renggong nya
      Kang WS Daerah Subang dan sekitarnya lagi marak yang pakai
      Hiburan Kuda renggong ini :)

      Delete
    3. kalau di Sumedang mah masih marak masih banyak akang2 :)

      Delete
  8. wah pasti seru dan lucu ya Bang WS.... anak2 pasti seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak anak2 biasanya pada seneng kalau ada kuda renggong, apalagi yg naiknya

      Delete
  9. jadi inget lagu "nyai ronggeng deh ,,,,.. :))

    ReplyDelete
  10. jadi ingat waktu saya disunat dulu,nanggap kuda renggong,,,,,kuda bisa joged hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang sami pisan, mengenang masa lalu ya heheh

      Delete
  11. Wah wah mau liat Videonya lambat ya hiehiheiheiee
    Soalnya pake Modem sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi harus nunggu tarikannya kenceng dulu ya kang :-)

      Delete
  12. biasanya anak yang mau disunat nanggap kuda ronggeng

    ReplyDelete
  13. Asyik naik Kuda renggong enakan nih Kang Ws
    Saya mau dong sambil mengenang masa kecil
    Waktu saya di Khitan naek Kuda renggong deh hhh :-)
    Kanf Dede ingin naik Kuda renggong lagi Yah hhh :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee ijadi inget masa lalu ya kang...sama WS juga :-)
      nanti tak pesenin deh sama grup kuda renggongnya buat kang dede hehe

      Delete
  14. klo di jogja ada jathilan, kudanya kuda2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk keseniannya apakah sama gitu kang ?? [-(

      Delete
  15. wah saya pernah lihat di tv mas kesenian kuda ronggeng ini, kalau melihat secara langsung belum pernah saya hehehe... ini dalam rangka apa mas,, lomba ya..? kok ada nomor urutnya di dada kudanya...? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gambar yang diatas iya mas sedang dalam rangka lomba hehe...ada no urutnya ya ??

      tapi biasanya sih ada kuda renggong ini kalau ada hajatan anak sunatan

      Delete
  16. Wahh saya jg org sumedang kang. dmn smd na kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh ?? akang urang sumedang oge ?? palih mana kang sumedangna ?? *malah balik nanya...
      geningan caket

      Delete
  17. ini acara sunatan ya kang..?
    antara lupa ingat, aku pernah liat di daerah purwakarta ada juga..
    semacam odong-odong, hanya kudanya dari kayu yang diangkat oleh beberapa orang..
    di atas kuda itu duduk anak kecil yang sudah disunat..
    anak itu kemudian di arak keliling kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh kuda renggong ini biasanya ada ketika ada hajatan anak sunatan.
      wah itu malah jadi seperti kuda singa atuh ya teh ?? bonekanya dari kayu dan dianggat oleh beberapa orang...kalau ini mah kuda sungguhan

      Delete
  18. Harus di lestarikan nih kesenian daerah yang seperti ini, jangan sampai diambil tetangga sebelah hehehe :)

    ReplyDelete
  19. sangat meriah ya mas, itu hanya berlangsung pada acara acara tertentu atau bisa bebas mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlangsung pada acara tertentu saja mas...misal apada syukuran anak yang telah disunat atau dikhitan

      Delete
  20. Sayangnya...blm sempet muter vd nya..
    Jan...lola banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee jaringan memang lagi lola ya mas...sama dong =))

      Delete
  21. Hmm, pengen nyobain deh naik kudanya.. haha

    ReplyDelete
  22. kunda renggong = kuda lumping kan mas?? :o

    ReplyDelete
  23. Waah kalau di kampung saya namanya bukan kuda renggong, tapi kuda ronggeng. hehe
    Tapi apapun namanya, jangan lah dijadikan sebuah perbedaan itu menjadi suatu halangan untuk tetap melestarikan budaya Indonesia.

    Enak kalau naik tuh :D salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali sob...apalah arti sebuah nama ya :))
      salam sukses

      Delete
  24. kuda renggong pakai kuda beneran ya mas, saya kira semacam kuda lumping aja, hehehe :D
    makasih info kerennya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kuda beneran...kalau kuda lumping kan boong2an :))
      sama-sama mbak

      Delete
  25. ini hanya salah satu tradisi dari suku bangsa indonesia kita tercinta ini yang harus di jaga dan di lestarikan, thanks atas postingannya mas :))

    ReplyDelete
  26. kunjungan malam nih sob,,,
    kesenian kesenian yang seperti ini harus dilestarikan mas :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang mas :)
      iya setuju sekali mas :))

      Delete
  27. Saya jadi penasaran mas pengen liat tapi sayang koneksi tidak mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti bisa dicoba lagi kapan-kapan mas kalau sudah tidak lola hehe

      Delete
  28. kebudayaan yang hebat, selain memeriahkan dan juga dapat membuat anak2 ikut senang ya
    :) :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak leony...lama gak bertemu mbak, kemana aja hehehe

      Delete
  29. kebudayaan yang harus selalu dilestarikan agar anak cucu kita bisa juga menikmati kesenian ini yah mas WS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien Semoga saja yah Mas Anthonie..
      maaf saya yang balenya Kang WS nya
      lagi sibuk dengan kerjaanya Mas

      Delete
    2. hehe terima kasih sudah bantu jawab ya kang karrys...iya ni belakangan ini WS sibuk terus =))

      aamiin, setuju sekali dengan mas eka dan kang karrys

      Delete
  30. wah melenkapi posting terdahulu ya sob kino lengkap dengan videonya ya. Kuda dari tanah pasundan yang telah di adopsi jadi simbol mobil mahal produk itali. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya ya kang...kuda kan sudah jadi merek mobil.
      Iya mas untuk melengkapi postingan terdahulu :)

      Delete
  31. jdi pengen nyobain naik kuda mas,soalnya blm pernah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kapan2 bisa dicoba mas...tapi harus disunat lagi mau ndak heheh ??

      Delete
  32. seru dan menarik banget kesenian yang satu ini ya kang....tapi seumur-umur saya ngga pernah berani naek kudanya....kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut kudanya naksir ya sama kang Ci...hehehhehe

      Delete
    2. mungkin kang ci takut kudanya minta gantian naek kali ya ?? bisa2 jadi pejet kan kalau gitu :))

      Delete
  33. jadi inget masa kecil sob saya di buah dua sering banet liat renggong biasanya nantinya makan pecahan beling :) keep dilestarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang...wah akang tinggal di buahdua ??

      Delete
  34. uuh,..jd kepengen duduk diatas kudaaa......wkwkwkwkwkkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. uuuhh padahal selama ini mbak udah duduk dihati aku *eeaaaa

      Delete
  35. udah lama saya tak lihat kuda renggong di kota saya kang hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee pada kemana tuh cenah kang kuda renggongnya ?? gak pada pundung kan ??

      Delete
    2. diganti sama sisingaan kang :D

      Delete
    3. hee iya atuh kang, subang thea atuh...khas nya kan sisingaan ya :))

      Delete
  36. Bila di lihat melalui tayangan video dari kesenian kuda renggong ini lebih menarik dan sangat unik.

    Salam,

    ReplyDelete
  37. wah.. menarik itu kuda renggong.. pasti anak-anak berminat untuk menunggangnya..

    ReplyDelete
  38. Meriah ya kang kayaknyam jadi yang suka naik kuda akan senangm yang takut ya boleh cuman nonton doang..:)

    ReplyDelete
  39. Hadir kembali Kang WS Turut meramaikan
    Blog dan artikel Kang Ws Kuda Renggong
    Nya masih ada Kang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee terima kasih kang sudah hadir kembali...kudanya masih ada kang, mau nambah ?? :-)

      Delete
  40. videonya sangat menarik yah mas WS, saya jadi tahu mengenai kesenian ini :)

    ReplyDelete
  41. ohh baru tau istilahnya renggong.
    keren, jadi pengen naik kudanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih sepertinya kepingin naik yang lain kang :))

      Delete
  42. kalau di tempat saya namanya kuda bendi mas......beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin beda mas...saya malah baru dengar itu kuda bendi :))

      Delete
  43. saya kok takut ya mas kalau liat2 yang seperti ini @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa takut mbak ?? takut digigit ya ?? ;(

      Delete
  44. Nyimak mas bro, lihat videonya belum sempat

    ReplyDelete
  45. seni kuda renggong memang mantab kang ... tapi yang mantab penari yang baju ijo pakaidudukuy bodas eheheh

    ReplyDelete
  46. Jadi kepingin naik kudanya, eh kira2 kudanya jantan apa betina ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau jantan apa betinanya saya kurang tau sob

      Delete
  47. jaringan lagi lemot gg bisa liat videonya . . =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee nanti kapan2 bisa dicoba lagi sob kalau jaringan sudah mendukung =))

      Delete
  48. Budaya kudarenggong itu melebar sampai ke Jawa Tengah. Paling sering lihat justru di daerah Kebumen biasa dipake kalo acara sunatan atau khataman al quran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah kang ?? keren euy bisa nyampe kesana, jadi kepengen lihat pertunjukannya disana bagaimana

      Delete
  49. Menarik sekali kesenian Kuda Renggong ini yang mengandung makna spiritual [-( , interaksi antara makhluk Tuhan x-) , teatrikal (f) , dan universal cheer . Sebuah bentuk kesenian khas di Sumedang :o yang perlu terus dilestarikan keberadaannya dan dikembangkan sebagai atraksi wisata yang menarik baik di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. :>) Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang! (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lengkap sekali pak penjabarannya...aamiin mudah2an bisa seperti itu ya pak...terima kasih atas tambahannya pak :)

      Delete