Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Cara Mudah Membuat Pakan Discus

Kulit pisang

Discus, merupakan salah satu ikan hias air tawar yang paling digemari karena keindahan warnanya. Mulai dari merah, biru, kuning, dan lainnya membuat tampilan ikan ini sangat meriah dan disukai hobiis. Banyaknya hobiis ikan hias yang menggandrungi ikan ini membuatnya sangat potensial untuk dijadikan ladang rupiah.

Harga Discus bervariasi sesuai kualitasnya, dari yang bersahabat di kantong hingga yang membuat dompet bolong. Selain cantik, ikan ini juga cocok dipadupadankan dengan aquascape. Tentunya tampilan aquascape akan lebih menarik dengan ikan ini sebagai penghuninya.

Namun demikian, tak jarang ia membuat repot sang pemilik karena tidak bisa diberi pakan pelet ikan yang praktis. Pakan yang diberikan haruslah pakan hidup berupa cacing sutra dan organisme kecil lainnya untuk memelihara tampilan warnanya. Dengan demikian banyak hobiis merasa pusing karena Disqus bisa menghabiskan banyak uang untuk pakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada alternatif untuk mengurangi biaya pakan Disqus, yaitu dengan cara membuat pakan alami untuk ikan Disqus. Caranya pun cukup mudah, bisa memanfatkan media yang ada, bahkan bisa juga tanpa mengeluarkan modal. Berikut, adalah cara mudah membuat pakan Discus:

Sobat bisa memanfaatkan cekungan di lahan sekitar rumah yang tidak terpakai, untuk dijadikan semacam empang. Atau kalau tidak ada, bisa menggunakan bak, media drum, sampai ember bekas. Caranya ;
1. Cekungan, bak, atau ember diisi air sampai tergenang,
2. Taburi genangan air tersebut dengan kulit pisang, sampah organik, dan kotoran ayam,
3. Setelah 4 - 5 hari, kutu-kutu air akan muncul dipermukaan genangan dan siap dipanen untuk pakan discus,
4. Ulangi langkah ini sebelum pakan kutu air dari proses pertama benar-benar habis. Dengan demikian ketersediaan pakan akan tetap terjaga.

Hey, mudah bukan? Hemat pula tentunya jika berkesinambungan dilakukan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar