Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Sanggar Sundari

Wayang Golek Sanggar Sundari
Stan Sanggar Sundari Di SIGFEST 2014
Sewaktu berkunjung ke Sumedang International Gamelan Festival atau SIGFEST 2014 kemarin, admin tertarik untuk masuk dan melihat-lihat ke salah satu stan yang ada di di festival tersebut, admin tertarik karena dari kejauhan stan ini terlihat berbeda dari stan-stan lainnya dimana didalamnya banyak dipajang wayang golek dari berbagai ukuran, hal tersebut menjadikannya terlihat berbeda dengan stan lainnya, apalagi ketika itu stan ini dikerubungi banyak anak sekolah yang melihat-lihat wayang golek, stan tersebut adalah stan dari sanggar wayang golek yang ada di Sumedang yaitu Sanggar Sundari.

Mengulas sedikit tentang Wayang Golek, Wayang Golek merupakan seni tradisional tanah Sunda berupa pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu. Ya, Wayang golek adalah nama pertunjukan seni yang sangat populer di Jawa Barat dimana daerah penyebarannya terbentang luas mulai dari Cirebon di sebelah timur sampai Banten di sebelah barat pulau jawa. Istilah golek sendiri dapat merujuk pada dua makna, sebagai kata kerja kata golek bermakna 'mencari', dan sebagai kata benda golek bermakna boneka kayu (wikipedia).

wayang golek sanggar sundari
Tahap Pembuatan Wayang Golek di Sanggar Sundari
Source :
kaskus.co.id
Wayang Golek sebagaimana alur cerita pewayangan pada umumnya tentu mempunyai lakon atau tokoh yang diperankan di dalamnya, alur ceritanya biasanya tidak jauh dari kisah yang bersumber dari epik Ramayana dan Mahabharata, namun tentunya dengan menggunakan bahasa Sunda yang diiringi oleh tabuhan gamelan Sunda. Tokoh mulai dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa, Rama, Shinta, sampai Rahwana dan lainnya semua disajikan dalam bentuk boneka kayu dengan ukiran yang mencerminkan karakter dari masing-masing tokoh tersebut, dimana karakter setiap tokoh akan semakin tertanam kuat dengan pewarnaan dan hiasan-hiasan yang ditambahkan pada boneka kayu Wayang Golek tersebut.

Selain tokoh-tokoh yang bersumber dari cerita epik tersebut, ada juga tokoh panakawan yaitu Cepot, Dawala, Gareng, dan Semar yang merupakan ciptaan atau rekaan asli dari seniman sunda, tokoh-tokoh ini adalah kreasi dari seniman sunda dalang Asep Sunandar Sunarya supaya pertunjukan wayang golek tidak monoton dan menjemukan, karena dengan adanya tokoh seperti cepot maka unsur hiburan berupa sisindiran dan lainnya yang bisa memancing gelak tawa bisa masuk disela-sela cerita wayang yang serius.

Di Sumedang, ada sanggar yang menjadi produsen kerajinan tangan berupa Wayang Golek ini yaitu Sanggar Sundari. Sanggar Sundari ini merupakan produsen kerajinan Wayang Golek di Sumedang - Bandung yang menyediakan kerajinan wayang golek berkualitas mulai dari ukuran kecil sampai yang berukuran besar, dari wayang kualitas biasa yang dipergunakan untuk mainan anak-anak sampai wayang golek dengan kualitas bagus yang dipergunakan untuk pertnjukan Wayang Golek. Selain itu Sanggar Sundari juga memproduksi segala rupa kerajinan lain yang berbau wayang golek, mulai dari souvenir pernikahan, ballpoint, hiasan mobil, dan lain-lain. Berikut adalah alamat dari produsen Wayang Golek Sanggar Sundari, barangkali ada diantara sobat yang membutuhkan :

Alamat Workshop / Producer :
Sanggar Wayang Sundari Jln Raya Citali – Rancakalong Km. 4 Kamp. Cimasuk RT. 03/ RW 04, Desa / Kec. Pamulihan Kab. Sumedang

Alamat Showroom / Seller Bandung :
Jl. Gegerkalong Tengah Gg. II No. 50/173B

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Sanggar Sundari" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/sanggar-sundari.html "

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar