Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Assalamualaikum. Selamat datang di web Insomnia Notes, semoga kesehatan dan kelimpahan rezeki selalu tercurah limpah kepada para pembaca semua. Melalui ini, saya Jeryanuar selaku admin mengajak para pembaca untuk mensuport akun Youtube admin dengan menonton dan subscribe di link berikut ini : Vlog Tahu Sumedang. Hanya dengan menonton dan subscribe, (gratis) sahabat sudah membantu channel tersebut untuk bisa terus berkembang. Terima Kasih.

×

Pedas Gurih Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Siap Dinikmati
Image By : reseponline.info

Nasi adalah makanan pokok kebanyakan masyarakat Indonesia, sudah banyak ngemil dan makan makanan apapun kalau belum makan nasi tetap saja itu namanya belum makan. Tapi ada kalanya kita bosan menyantap nasi yang biasa-biasa saja, itu sebabnya mungkin banyak variasi-variasi lain dari nasi seperti nasi liwet, nasi jagung, dan lainnya. Di daerah Sunda, salah satu variasi dari nasi tersebut adalah nasi atau sangu Tutug Oncom, kadang nama tutug oncom ini sering disingkat T.O.

Secara bahan dan tampilan, nasi tutug oncom adalah nasi yang diaduk bersama oncom goreng atau oncom bakar yang telah dihancurkan. Bumbu yang ditambahkan pada nasi tutug oncom ini relatif sederhana dan mudah didapatkan yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, cabe rawit dan garam. Dengan berbagai bumbu tersebut rasa dari tutug oncom ini cenderung pedas-pedas gurih dan pasti bisa menggoyang lidah kita. Kata "tutug" sendiri artinya adalah menumbuk atau mengaduk, proses mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom ini menjadi asal nama dari makanan ini yaitu "tutug" oncom.

Sobat tertarik dan ingin mencoba membuatnya dirumah ?? cara membuatnya cukup mudah kok, berikut cara membuat nasi tutug oncom, kira-kira untuk 6 porsi.

1. Bahan :
2 sdm minyak sayur
175 g oncom, bakar hingga cokelat kehitaman, tumbuk kasar
nasi putih hangat pulen kurang lebih 600 g, kira-kira untuk 6 porsi
2 sdm bawang merah goreng
Minyak untuk menumis

2. Bumbu, haluskan :
7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
5 siung bawang putih, goreng sesaat
4 butir bawang merah
5 cm kencur, kupas
1 sdt garam

Cara Membuat :
- Pertama-tama panaskan minyak untuk menumis, lalu tumis semua bumbu yang telah dihaluskan (cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, garam) hingga harum. Setelah bumbunya harum, masukkan oncom yang sudah ditumbuk kasar, oseng sampai bumbu dan oncom tercampur rata, angkat, tiriskan

- Oncom yang telah dibumbui tersebut diaduk dengan nasi hangat untuk 6 porsi, pedas gurih nasi tutug oncom ini akan semakin nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Lalu tambahkan bawang goreng, agar lebih nikmat dan bernuansa lebih dekat dengan alam bisa diungkus tiap porsinya dengan daun pisang. Agar cita rasa khas tutug oncomnya tidak hilang, sebisa mungkin nikmati tutug oncomnya selagi hangat.

* Pelengkap :
sayuran segar seperti daun kemangi, tomat, mentimun
sambal terasi
tahu goreng
tempe goreng
ayam goreng

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Pedas Gurih Nasi Tutug Oncom" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/pedas-gurih-nasi-tutug-oncom.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar