Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Nikmatnya Colenak, Dicocol Enak

Colenak Siap Dinikmati
Image By : dawaihati.com

Colenak, apa itu colenak ?? Colenak adalah nama salah satu kuliner khas Sunda, nama colenak sendiri merupakan singkatan dari "dicocol enak", kenapa namanya diambil dari "dicocol enak" ?? mmm ya karena memang begitulah cara menikmatinya, jadi kalau tidak dicocol ya kurang begitu enak rasanya...kenapa demikian ?? (lha malah nanya terus ini mah) karena colenak ini dibuat dari dua bahan utama yaitu tape bakar dan saus berupa lelehan gula merah yang bercampur serutan kelapa sebagai cocolannya...kedua bahan ini saling melengkapi dalam memberikan rasa khas dari colenak itu sendiri.

Dari uraian tersebut, secara tampilan dan bahan diketahui bahwa colenak adalah kuliner berupa peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar dan dicampur dengan lelehan gula merah bercampur serutan kelapa sebagai sausnya, kedua bahan colenak tersebut akan memberikan sensasi rasa yang unik, dimana rasa manis, gurih, ditambah lembutnya tape bakar bercampur menjadi satu, dijamin bisa menggoyang lidah ketika kita menikmatinya. Seiring berjalannya waktu, saus colenak yang dulu hanya berupa lelehan gula merah bercampur serutan kelapa sekarang mengalami perkembangan dan variasi sesuai dengan kreativitas pedagangnya, dari mulai ditambahkan coklat, sampai durian pada lelehan gula merahnya.

Apa sobat pernah coba membuat tape bakar ?? kalau pernah, sobat pasti tahu bahwa tape dibakar sebentar saja akan langsung gosong atau hangus, itu sebabnya tape untuk colenak ini tidak perlu dibakar terlalu lama supaya tapenya tidak hangus, tapi tentunya itu sesuai selera saja karena ternyata banyak juga yang menyukai tape yang agak hangus di beberapa bagiannya, konon katanya yang hangus inilah bagian yang dianggap paling nikmat dari colenak ketika dicocol saus gula merahnya. Tapi tentunya kita harus hati-hati ketika menyantap colenak terutama bagi penderita diabetes, jangan kebanyakan mengkonsumsinya karena tape atau peuyeum mempunyai kadar gula yang tinggi hasil dari proses fermentasinya, tentunya tidak baik kalau dikonsumsi terlalu banyak.

Colenak biasa dijajakan oleh pedagang keliling ataupun di kedai-kedai makanan tertentu, sayangnya sekarang ini colenak sudah agak sulit ditemui dan hanya sedikit pedagang saja yang masih menjajakannya, tapi jangan khawatir bagi sobat yang ingin mencicipi dan mebuatnya sendiri di rumah bisa dicoba resep membuat colenak dengan saus enten/unti berikut ini, langkah-langkahnya cukup sederhana :

1. Pertama-tama kita siapkan dulu bahan-bahannya
Tape atau peuyeum kurang lebih 300 gram
Mentega kurang lebih 20 gram
Setengah butir kelapa, parut
Gula merah sekitar 150 gram, iris-iris
2 sdm gula pasir
Santan sebanyak 100 ml
Vanili setengah sendok teh, atau daun pandan 4 lembar

2. Setelah bahan-bahannya siap, berikut cara membuatnya
irisan gula merah dicampur dengan gula pasir yang telah disiapkan --- setelah itu masukkan santan ke dalam campuran gula merah dan gula pasir tersebut --- setelah itu, masak campuran bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata, kemudian masukkan kelapa parut --- aduk-aduk terus sampai airnya agak mengering --- setelah airnya agak kering, inilah yang dinamakan enten/unti, yaitu saus yang biasa digunakan untuk colenak
untuk memanggang tape, terlebih dahulu panaskan panggangan, kemudian oles dengan mentega sampai merata --- potong tape dengan panjang masing-masing sekitar 5cm dan pipihkan --- panggang tape di atas panggangan sebentar saja sampai tape berubah warna, tapi bila suka boleh memanggang tapenya sampai sedikit gosong dan berbentuk karamel tape
campur tape bakar yang telah dibuat dengan enten/unti (parutan kelapa bercampur gula merah cair), dan colenak pun sudah siap dinikmati

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Nikmatnya Colenak, Dicocol Enak" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/nikmatnya-colenak-dicocol-enak.html "

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar