Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Sumedang International Gamelan Festival

Sumedang International Gamelan Festival 2014
Sumedang International Gamelan Festival 2014
Beberapa hari yang lalu tepatnya dari tanggal 30 Oktober sampai dengan 2 November 2014, Pemkab Sumedang menyelenggarakan dua event yang bertajuk sejarah dan budaya yaitu Festival Cut Nyak Dien dan Sumedang International Gamelan Festival 2014. Event pertama Festival Cut Nyak Dien dilaksanakan pada tanggal 30-31 Oktober, festival ini merupakan program kemitraan antara Pemkab Sumedang dengan Pemprov Nangroe Aceh Darussalam dan Pemkab Aceh Besar karena daerah-daerah tersebut memiliki ikatan yang kuat secara historis, dimana Cut Nyak Dien yang merupakan pahlawan nasional asal Aceh diasingkan oleh kaum penjajah hingga wafat dan dimakamkan di Sumedang. Oleh sebab itu, sebagai salah satu bentuk konkret Pemkab Sumedang dan Pemprov Nangroe Aceh Darusalam dalam mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan beliau digelarlah Festival Cut Nyak Dien ini di Sumedang, hanya sayang event yang pertama ini admin tidak sempat menyaksikannya secara langsung. Berikut adalah video liputan Festival Cut Nyak Dien yang direkam dan disiarkan oleh salah satu tv swasta nasional :

Video : Festival Cut Nyak Dien, Sumedang

Event yang kedua adalah yang akan admin ceritakan ini yaitu Sumedang Internasional Gamelan Festival 2014 atau disingkat SIGFEST 2014, event yang bertajuk Gamelan Harmony For The World Unity ini digelar di dekat alun-alun dan Komplek Gedung Negara Kabupaten Sumedang pada tanggal 1-2 November 2014 lalu. Selain diikuti beberapa grup gamelan dari dalam negri seperti dari Jawa Barat, Bali, dan Kalimantan Barat, festival ini juga diikuti oleh grup-grup gamelan dari beberapa negara seperti Ukraina, Korea, Amerika, Australia, Jepang, Papua Nugini, Kazakhtan, Polandia dan banyak lagi negara lainnya.

SIGFEST digelar dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan kekayaan khasanah kesenian asli Kabupten Sumedang kepada masyarakat dunia, dimana kedepannya Kabupaten Sumedang ditargetkan menjadi daerah tujuan wisata seni dan budaya di Jawa Barat, karena Sumedang memiliki banyak potensi budaya dan kesenian yang jika dipromosikan dengan baik bisa menarik lebih banyak wisatawan dari dalam negri bahkan dari mancanegara.

Kekayaan budaya dan seni di Sumedang salah satunya bisa dilihat dari peninggalan artefak budaya Gamelan Sari Oneng di Museum Prabu Geusan Ulun yang termasuk salah satu perangkat gamelan tertua di Indonesia, selain itu Kabupaten Sumedang juga memiliki kesenian-kesenian asli buah dari cipta, rasa dan karsa masyarakat Sumedang seperti kesenian Tarawangsa dari Kecamatan Rancakalong, Tari Umbul dari Kecamatan Situraja, Ganeas dan Paseh, Seni Koromong dari Kecamatan Rancakalong dan Darmaraja, dan masih banyak lagi.
          
Kedua event ini selain untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di Sumedang, juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah Sumedang terhadap para seniman yang sudah bekerja keras mewujudkan Sumedang menjadi Puseur Budaya Sunda sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 113 Tahun 2009 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (Sumedang Pusat Budaya Sunda).

Berikut adalah salah satu video hasil dokumentasi pribadi admin di acara SIGFEST 2014 kemarin yang menampilkan grup seni Sambasunda dari Bandung, adapun jika sobat ingin melihat video dokumentasi pribadi lainnya terkait penampilan grup-grup gamelan yang tampil di SIGFEST 2014 kemarin sobat bisa melihatnya di akun Youtube saya dengan klik link berikut : Wewengkon Sumedang Youtube.

Sayangnya, admin tidak mengikuti SIGFEST ini secara keseluruhan dan hanya bisa menyaksikannya di malam terakhir saja, walhasil banyak penampilan dari grup-grup seni dan grup gamelan dari  mancanegara yang tidak terdokumentasikan, karena tentunya sangat membanggakan alat musik tradisional negara kita ini ternyata dicintai di mancanegara dan bahkan mereka juga bisa memainkannya, dan tentunya menjadi sebuah kebanggan atau kepuasan jika bisa mendokumentasikannya.
 
Video : SIGFEST 2014, Sambasunda Feat Rita Tila
 
Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Sumedang International Gamelan Festival" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/11/sumedang-international-gamelan-festival_13.html "

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar