Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Perkebunan Teh Margawindu, Potensi Wisata di Desa Citengah

Saung di Kebun Teh Margawindu
Beberapa waktu yang lalu, admin berkesempatan untuk berkunjung ke perkebunan teh Margawindu yang terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Dulu kebun teh ini merupakan tempat favorit untuk sekedar beristirahat mengisi waktu senggang dihari libur, suasana khas perkebunan teh dengan udara sejuknya menjadikan kebun teh Margawindu ini cocok untuk menenangkan pikiran atau sekedar beristirahat setelah sepekan penuh beraktifitas.

Ya, tak seperti perkebun teh di daerah Subang, Lembang, ataupun Puncak yang tempatnya dilalui oleh jalan raya nasional, ramai oleh kendaraan yang hilir mudik dan ramai pula oleh pengunjung, kebun teh Margawindu ini berada jauh terpencil dari keramaian kota, untuk sampai ke kebun teh ini terlebih dahulu kita harus menerabas lebatnya hutan. Untuk sampai ke tempat ini dari pusat kota Sumedang waktu tempuhnya tidak terlalu lama, kira-kira 30-45 menit untuk sampai tujuan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. 

Kebun Teh Margawindu
Rute untuk sampai ke kebun teh Margawindu ini sama dengan rute jalan menuju Curug Gorobog, hanya setelah menemui gapura Wana Wisata Curug Gorobog kita harus terus melanjutkan perjalanan dengan mendaki jalan yang semakin menanjak menyusuri bukit. Meskipun sebelumnya untuk sampai kesini kita harus terlebih dahulu melewati hutan, bukan berarti tempat ini benar-benar sepi dan tidak ada orang, karena dibeberapa ruas jalan terdapat beberapa kedai pedagang dan bangku-bangku untuk beristirahat.

Suasana Sekitar Perkebunan Teh Margawindu
Suasana Sekitar Perkebunan Teh Margawindu
Udara segar dan pemandangan berupa bukit-bukit yang terhampar dijamin bisa memanjakan mata dan membuat kita betah berlama-lama ditempat ini, hanya sayang, sampai sekarang jalan untuk menuju ke tempat ini masih rusak dan belum juga diperbaiki, padahal akses jalan menuju ke perkebunan teh Margawindu ini juga menjadi jalan alternatif yang menghubungkan antara daerah Sumedang dengan Limbangan - Garut.

Selain jalannya yang rusak berat, ruas jalannya relatif sempit kira-kira hanya cukup untuk satu mobil, dan posisi pasti akan terkunci jika ada mobil yang berpapasan dari dua arah. Selain itu, banyak kelokan berbentuk huruf U dengan posisi menanjak, medan jalan seperti ini tentunya akan sangat menguras tenaga para pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Mudah-mudahan kedepannya akses jalan menuju kebun teh Margawindu ini segera diperbaiki oleh instansi yang berwenang, agar mempermudah mobilitas warga yang sering menggunakan jalur ini, dan lebih jauhnya membuat para pelancong lebih tertarik untuk datang ke tempat ini.

Penjaga Kebun Teh
Semenjak perusahaan swasta yang menyewa lahan perkebunan teh Margawindu ini tidak memperpanjang kontrak sewanya, kondisi perkebunan teh ini keadaannya menjadi kurang terawat, pengelolalan hanya dilakukan oleh penduduk sekitar secara tradisional. Mereka yang berwisata kesini biasanya hanya warga lokal Sumedang saja, mulai dari yang botram (makan bersama), ngabuburit saat bulan Ramadhan, sampai mereka yang datang dengan niat pacaran juga ada, Astaghfirullah.

Menurut admin pribadi, meskipun perkebunan teh Margawindu ini belum begitu terekspose keluar dan pengelolaannya belum dimaksimalkan untuk memunculkan daya tarik wisata, tempat ini tetap menyimpan pesona khas kawasan wisata yang masih asri, kondisi alam yang segar dan nyaman bisa segera  merefresh pikiran dan tubuh kita yang penat setelah sepekan penuh beraktifitas.

Mudah-mudahan kedepannya, perkebunan teh Margawindu ini bisa dikelola dengan lebih baik lagi dan dimaksimalkan segala akses yang berhubungan dengannya seperti diperbaiki keadaan jalannya, diberi kode dan rute penunjuk jalan disetiap ruas jalannya, serta diberi penerangan atau pencahayaan disepanjang jalannya. Kabarnya, nanti setelah jalan lingkar Sumedang dibangun, kawasan ini bisa lebih terekspose lagi dan menjadi daerah yang sangat potensial untuk dijadikan objek wisata unggulan Sumedang, semoga saja benar demikian dan semoga dapat terwujud.

Note :Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Perkebunan Teh Margawindu, Potensi Wisata di Desa Citengah" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/07/perkebunan-teh-margawindu-potensi.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar