Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Patung Kuda Silat



Kuda Silat,
Atraksi Dalam Kesenian Kuda Renggong

Sobat, pernah melihat binatang bekelahi dengan manusia ?? tapi dalam bentuk seni tentunya, jika belum maka mungkin sobat bisa melihat kesenian Kuda Silat di Kabupaten Sumedang. Kuda silat ini merupakan salah satu variasi atraksi dalam kesenian Kuda Renggong. Jadi sebenarnya Kuda Renggong itu bukan hanya kuda yang pandai menari mengikuti irama musik seperti yang telah banyak diketahui dan pernah admin utarakan juga di postingan berjudul Kesenian Kuda Renggong, tapi diantara kuda ini juga ada kuda yang pandai mempraktekkan jurus-jurus silat.

Diantara beberapa kuda yang dipakai untuk kesenian Kuda Renggong memang ada kuda-kuda tertentu yang dilatih jurus-jurus layaknya untuk berkelahi, dan salutnya kuda-kuda ini seolah mengerti bahwa jurus silat yang diajarkan tersebut bukan untuk melukai atau menyerang melainkan hanya untuk pertunjukan seni, hebat dan cerdas kan kuda-kuda ini ? kalau saja kuda-kuda ini tidak mengerti hal tersebut, mungkin sudah berapa korban pawang yang berjatuhan dalam kesenian ini, apalagi kuda yang dipakai dalam kesenian Kuda Renggong bukan kuda biasa yang ukurannya kecil, kuda untuk Kuda Renggong itu ukurannya bisa lebih besar dari ukuran kuda biasa yang sering kita lihat dipakai untuk menarik delman. Kebetulan admin pernah mengalami juga naik Kuda Renggong yang jago silat ini, kudanya kalau tidak salah bernama Lipur. Patung Kuda Silat ini terletak di pertigaan Samoja, Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Sumedang Selatan.

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Patung Kuda Silat" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/01/atraksi-kuda-silat.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar