Eloknya Terasering Panyaweuyan Argapura

Baca Juga

Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
“Woow!”

“Dingin yaaa, Teh”

Sepenggal kalimat dari Khansa menimpal takjub yang diserukan saudari perempuannya. Khansa bahkan lebih sigap merapikan jaketnya tuk menahan dingin yang langsung menusuk kulit sekeluarnya mereka dari mobil. Hampar berundak terasering yang tersaji memukau dua pasang mata yang baru pertama melihat hijaunya pemandangan, dalam bukit yang bergalur-galur.

Bukit Panyaweuyan Argapura di Desa Sukasarikaler Majalengka, di lahan berbukit dengan ketinggaian antara 800-1000  mdpl itu kaki-kaki mungil mereka bersiap mengeksplorasi pengalaman baru. Tentu saja mereka tak mengeluh lelah, pemandangan indah tersaji di depan mata! Mungkin mereka juga sudah mengerti, hal itu memang selayaknya dinikmati. Dengan saling tuntun, tungkai-tungkai kaki mereka mulai bekerja keras.

Kalau lah punya kamera yang hebring,  bukit panyaweuyan Argapura ini sungguh sangat layak untuk dijadikan spot favorit untuk berburu foto. Sudah banyak pula kan, foto-foto landscape ataupun swafoto dengan latar tempat ini di media-media social, khususnya instagram? Ya, tempat ini memang instragamable banget! Keren lah pokoknya, apalagi di waktu-waktu tertentu, pagi hari, atau sore menejelang tenggelamnya matahari.
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Pesona terasering Argapura ini cantiknya tak kalah dengan pemandangan di negara tetangga tujuan para traveller pecinta keindahan alam, Vietnam dan Thailand. Karena keindahannya tersebut, tak heran jika destinasi ini cepat sekali menjadi hits, khususnya di kalangan anak muda kekinian. Ya, lagipula jaraknya tak terlalu jauh dari pusat kota Majalengka, hanya sekitar 20-22 KM saja dan bisa ditempuh dengan kurang lebih 1 jam perjalanan, dari pusat kota. Tapi itu kalau lalu lintas sedang lancer lho ya, kalau sedang padat mah ya pastinya waktu tempuh jadi lebih lama lagi hehe.

Paling beruntung nih, kalau sobat bisa kesini pas pagi hari, terus kebetulan kabut turun nyelimuti bukit! Beuuhh, bakal serasa di negeri dongeng deh! Nah kalau sore, pas cuaca cerah, perburuan senja yang menguning akan semakin syahdu dengan undakan terasering yang berdiri kokoh. Semua bakal jadi background yang sempurna deh, buat canvas jeprat-jepretnya sobat. Bahkan saking sempurnanya mungkin bagi kebanyakan orang merasa gak akan cukup satu kali deh berkunjung ke sini, pengennya balik lagi,balik lagi. Suasana pagi dan senja di sini memang ngangenin!
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka
Coba aja nih sobat bayangkan, mau jepret ke bagian barat, bisa, ada pesona keindahan lembah Cilongkrang yang hijau ranau di sana. Mau jepret ke sebelah Timur, juga oke, di arah itu pandangan sobat akan rasakan kelembutan  dari kokohnya gunung Ceremai yang menjulang. 

Pokoknya kalau mau kesini mah, siapin aja dulu lah kapasitas memori hape atau kamera yang rada banyak, biar bisa jepret banyak pemandangan. Karena pasti gak akan kenyang deh kalau cuma mencet tombol shutter sekali dua kali, dijamin! Gak lucu kan nanti, kalau pas mua jepret malah muncul warning “kapasitas memori hampir penuh, harap hapus beberapa foto”, hehe.

Panyaweyan Argapura di Google Maps

20 comments:

  1. Super keren undakan teraseringnya mas!!
    Liat fotonya udh kayak gini apalagi kalo liat langsung, betah deh seharian disana.

    Itu daun bawangnya seger2 sekali, buat bikin martabak telur enak sekali tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kok kita sepikiran ya, tentang martabak hhe

      Delete
  2. Waduh ..., ini mah super kece sawah teraseringnya 👍.
    Betulan ..., bikin pengin lihat langsing kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya...pengen lihat yang langsing, mas? hikhikhik :D

      Delete
  3. Subhanallah, cakepnya terasing Argapura. Itu buat jalan pagi pasti menyenangkan. Vitamin buat mata. Seger banget lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuci mata yang sebenar-benarnya ya mbak

      Delete
  4. Subhanallah kang keren banget ya teraseringnya. Di bogor uda ga pernah nemuin yang asri kaya gini. Seger banget liat pemandangannya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. memang sudah makin jarang yang begini, banyaknya kebun-kebun beton sekarang mah

      Delete
  5. Alam yang beitu indah, suasanya panorama pegunungan yang elok terasa melihat ke AGUNGAN ALLAH yang MAHA KAYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah...mari mengaji ayat-ayat kauniah

      Delete
  6. Subhanalloh indah banget mang,, saymah lebih tertarik buat nanam jagung di area tersebut ketimbang bawang...sebagai seorang petani sayapun terpesona dengan desain teraseringnya, kalau bikinnya manual pasti bakal nyeri cangkeng, aslina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyeri cangkeng nyeri tuur, nyeri sa-awak-awak pastinya kang :D
      Siip, kalau saya mah...lebih tertarik bakar jagung hasil panen akang nanti

      Delete
  7. indahnya susunan kebunnya ya. di saya sudah tidak ada yang begini. tinggat beton saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk atuh mari bek tu natur Mangs...mampir mari ke Argapura ini

      Delete
  8. Replies
    1. Tapi masih kerenan admin blog ini pastinya

      Delete
  9. Teraseringnya keren abis, apalagi dipadu dengan kabut tipisnya. Duh juara banget. Duduk sambil ngopi hangat melihat pemandangannya juara sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, jangan lupa ditambah jagung bakar...hmm

      Delete