Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Curug Cilandak, Potensi Wisata Tersembunyi di Kecamatan Wado


Curug Cilandak Sumedang

Curug Cilandak, Potensi Wisata Tersembunyi di Kecamatan Wado, Sumedang - Hari ini merupakan jadwal pekerjaan lapangan di salah satu desa di kecamatan wado, setelah berapa titik kami selesaikan menjelang siang, ada niat saya untuk mengajak beberapa rekan sesesama pendamping lapangan untuk mengunjungi salah satu Curug yg masih asing didengar oleh warga yg berada di desa cikareo Selatan,.. maupun warga kecamatan wado dan para pelancong yg memiliki hoby untuk mengunjungi air terjun.

Berbekal dari obrolan ngopi bareng dengan kepala desa cikareo Selatan yang mengatakan bahwa di salah satu dusun tepatnya di Dusun Cilandak RT.02 RW. 04 terdapat Curug utama yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan disekitarnya terdapat 2 Curug kecil lainnya yg tak kalah tinggi. Akhirnya kami ber 3 mencari tahu keberadaan Curug tersebut . Kebetulan searah dengan jalan pulang Dr titik akhir pertemuan kelompok.
Curug Cilandak Sumedang

Lokasi curug tersebut dapat d tempuh dengan 2 jalur 

Jalur 1 (4 Km) jalur agak rusak berat dari kantor desa cikareo Selatan ke arah cimirun, Cibitung , lalu di pertigaan Cilandak kita ambil jalur kiri hingga mentok jalan tembok kecil ke pemukiman warga.
Jalur kedua (12Km) dari desa cikareo Selatan (ujung jalan lingkar) menuju arah dusun sukanyiru desa Sukajadi, kemudian d perempatan .ambil arah Cilandak, (jalur mulus hotmik hingga sukanyiru )

Tinggal pilih,.. jauh tapi nyaman,. dekat tapi sedikit menderita d jalan :)

Ketika memasuki area Curug. Di lokasi agak sulit karena tidak ada petunjuk arah, Kebetulan ada bapak salah satu warga setempat yg rela mengantar kami ke lokasi ketika kami mengatakan ingin ke Curug Cilandak. Lokasi utama hanya bisa d tempuh dengan berjalan kaki sejauh 800 mter dari tempat kami menyimpan kendaraan melewati persawahan drainase air, Jalan setapak dan hutan bambu yg jalurnya agak tertutup dedauan krna jrng d lewati oleh penduduk.
Curug Cilandak Sumedang

Kebetulan hari ini sangat licin krna kondisi jalan yg d guyur hujan deras bbrapa waktu sebelumnya, setelah berjalan +- 15 menit sampai lah d lokasi utama. D sana kita akan melihat bbrapa Curug yg ketinggiannya bervariatif , sayang saya tidak mendapatkan titik bidik foto yg baik d karenakan tebing tebingnya licin . Namun semua rasa lelah semua terbayarkan oleh hamparan indahnya air terjun yg jarang saya temukan d bbrapa tempat sebelumnya..

Jadi ingin mencari wisata asri alam di Sumedang? Curug Cilandak salah satu pilihannya, tak perlu jauh , karena Alam sumedang kita begitu kaya dengan keindahannya. tinggal bagaimana kita menjaga dan melestarikan hingga keindahannya akan selalu terjaga.

*Image & Post By Facebook Asep Sofian

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar