Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Cara Pindahkan Tanaman Dari Pot ke Tanah

Raspberry Baru Dipindahkan Dari Pot ke Tanah


Hmmm...masih terlihat layu ya pohon raspberrynya? Mungkin masih stres pasca pindahan :) Foto di atas diambil beberapa jam setelah si pohon saya pindahkan media tanamnya dari pot, ke tanah langsung. Dan nampak masih murung aja tuh daunnya, mungkin masih perlu adaptasi lebih lama lagi.

Pohon raspberry merah itu saya pindahkan dari pot ke tanah langsung karena si pot sepertinya sudah tak cocok lagi jadi habitatnya. Raspberry kan tipe tanaman yang tumbuh menyemak, lha saya malah menjadikannya tabulampot! Haha. Itu karena sebelumnya saya baca-baca di beberapa sumber, katanya raspberry ini bisa juga dijadikan tabulampot.

Memang sih, bisa, tapi lama-lama ya kasihan juga sama tanamannya. Pot kan suempit banget tuh, biar pakai pot yang berdiameter besar juga, lama-lama tu taneman tetep aja gak akan merasa nyaman. Seperti si raspberry yang saya tanam di pot ini yang lama-lama seolah ngambek, daunnya nunduk terus padahal sering disiram, dia kaya yang murung! Lama-lama daun-daunnya juga ikut menguning. Jadi...ya udah deh, kalau udah gitu mau gak mau memang harus dipindah. Kebetulan di belakang rumah, di samping kandang kelinci ada sedikit lahan kosong. Saya coba deh dipindah ke situ, si raspberrynya.

Oh ya, memindahkan tanaman dari pot ke tanah itu harus hati-hati lho sob. Jangan sampai pas tanaman di cabut, eh tanaman tercerabut tapi akarnya terputus dan tertinggal di dalam pot, wah buahaya kalau udah begitu! Lalu bagaimana cara mencabut tanaman dari pot yang benar agar akar tak patah dan media tanamnya tidak hancur/rusak? Caranya Mudah kok.

Berikut cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung;

1. Siapkan dulu lubang tanam di tanah. di tempat dimana tanaman akan dipindahkan.

2. Cungkil atau buang sebagian tanah di permukaan pot. Buang melingkar mengitari tanaman.

3. Tidurkan pot, lalu ketuk-ketuk pot menggunakan sekop, atau benda lainnya yang cukup keras.

4. Ketuk merata di seluruh bagian pot.

5. Masih dalam posisi pot yang sama, pegang pangkal tanaman dan coba tarik

6. Dan...pluk, pasti tanaman akan mudah dicabut beserta akar dan tanahnya. Kalau masih susah dicabut, ulangi point ke 4. Cungkil sebagian permukaan tanah di pot jika perlu.

7. Segera pindahkan tanaman tersebut ke lubang tanam dan segera siram.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar