Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Bagaimana menjawab “Mengapa Anda Melamar Posisi Ini?”



“Mengapa/kenapa anda melamar posisi ini?” Wah, pertanyaan ini bisa dipastikan akan selalu ada dalam sesi interview, ketika kita melamar kerja pada suatu posisi di sebuah perusahaan, ya kan? Tapi sayangnya, banyak dari kita lengah padahal sudah tahu pertanyaan semodel ini pasti aka nada dalam sesi wawancara.

Karna lengah dan kurang siap ini, kita jadi menjawab sekenanya saja, apa yang terlintas di pikiran ya itu yang kita utarakan, atau malah terlalu jujur dengan menjawab “Ya…karena saya butuh pekerjaan, pak,”. Tentu itu tidak salah, tapi kemungkinan besar akan gagal menaikkan daya tawar kita karena yang diinterview bukan hanya kita seorang, kan? Ya, karena jika ada kandidat lain yang lebih bisa menjual skill-nya dan menjadikan dirinya terlihat lebih berkualitas, maka otomatis kita akan tersalip dari segi penilaian, dan akan gagal menggaet hati HRD untuk memilih kita.

Lalu bagaimana sih cara menjawab “Mengapa anda melamar posisi ini?”? Tipsnya, jawablah pertanyaan itu dengan tenang dan yakinkan HRD bahwa kita adalah orang yang tepat, yang memiliki keahlian, dan dapat mengisi posisi kosong di perusahaan. Buat jawaban yang mengalir sesuai dengan skill dan pengalaman apa yang kita miliki dalam dunia kerja.

Misalkan kita melamar posisi PIC Marketing, maka jawaban dari pertanyaan “Mengapa anda melamar posisi ini?” janganlah jauh-jauh dari pengalaman kita di bidang marketing tersebut. Misal pernah kerja jadi bagian marketing selama dua tahun di sebuah perusahaan, menguasai trik berjualan online, punya database yang sesuai untuk menjual produk sekarang, dan lain-lain. Sehingga kita bisa beralasan, karena basic itulah kita bisa bekerja dengan baik di posisi yang kita lamar tersebut.

Atau misal kita melamar untuk bagian administrasi, maka yakinkan HRD bahwa kita benar-benar sesuai dengan apa yang HRD kehendaki dari rekrutannya. Ceritakan saja misal kita punya pengalaman di bidang itu, menguasai ms office mulai dari, word, excel, dan power point, bisa mengetik sepuluh jari, lihai dalam sistematika surat menyurat, dan lainnya, sehingga kita cocok untuk mengisi posisi administrasi di perusahaan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar