Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, admin blog Insomnia Notes MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H.

×

Cara Membuat Bubur Putih Polos


Bubur putih polos (id.openrice.com)


Cara membuat bubur putih polos? Buat apa nulis yang seperti ini? Toh semua orang pasti bisa, hhe. Bukan apa-apa, bagi yang belum tahu sama sekali, dalam keadaan darurat, bisa aja kan mencari hal ini di internet? Membuat bubur putih polos. Bukan mustahil, suami saya sendiri yang mengalaminya kemarin.

Ceritanya, beliau sedang berkunjung ke rumah orang tuanya, tanpa saya. Suami saya itu gak bisa masak yang lain kecuali telor ceplok, telor dadar, telur oseng dan mie rebus/goreng, hhe. Nah, pas berkunjung ke rumah, tiba-tiba ibunya, mertua saya, sakit dan minta dibuatkan bubur putih polos.

Wah, dia langsung bingung dong! Karena memang selama ini dia gak pernah masak atau membuat bubur, kecuali bubur instant. Itu pun dia bolak balik baca gimana cara penyajiannya.

Dari situlah, rasanya saya memang perlu menulis ini. Karena suami saya pun waktu itu langsung surfing ke dunia maya mencari tahu gimana caranya membuat bubur putih polos, haha. Mungkin dia malu waktu itu gak langsung tanya/telp ke saya hhe.

Baiklah kita langsung aja ya, berikut cara membuat bubur putih polos. Bahan utamanya hanya dua, beras dan air bersih.
Siapkan beras yang sudah dicuci bersih
Didihkan air. Jumlah air yang dididihkan/dimasak adalah tiga kali lipat dari jumlah beras yang disiapkan. Misal jika beras yang akan dimasak menjadi bubur adalah satu cangkir, maka air yang dididihkan/dimasak adalah tiga cangkir.
Setelah air mendidih, masukan beras. Untuk bumbu, bisa dimasukkan sedikit garam agar rasa buburnya tidak terlalu hambar. Bisa juga ditambahkan sekira dua lembar daun salam agar buburnya wangi.
Terus aduk hingga beras mengembang, dan mengental menjadi bubur. Jangan berhenti mengaduk, sebab jika didiamkan bagian bawah akan gosong/mengerak dan menjadikan rasa buburnya aneh.
Disarankan agar nyala api sedikit dikecilkan ketika mengaduk, agar buburnya matang merata dan mengurangi kemungkinan bubur mengerak di bagian bawah.
Jika bubur yang sudah jadi terlalu kental, bisa ditambahkan lagi air masak dan terus aduk sampai keenceran bubur dirasa pas.

Mungkin cukup sekian tips membuat bubur putih polos. Selamat mencoba :)

Note : Post ini sepertinya cuitan istri saya yang saya temukan terpendam cukup lama, mengendap di draft sejak tahun 2015 dan tidak pernah diterbitkan. Jadi saya terbitkan sekarang aja dah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar