Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Berwisata Ke Kampung Toga

Wisata Keluarga di Kampung Toga

Kampung Toga, merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sumedang. Pada hari minggu ataupun pada moment-moment liburan tertentu seperti libur Idul Fitri, tempat ini hampir selalu diserbu pengunjung. Tidak heran, karena selain letaknya dekat dengan pusat kota, akses menuju ke tempat wisata ini juga sangat mudah.

Jaraknya yang hanya sekitar 2 km dari pusat kota ke arah selatan, memungkinnya dijangkau bahkan oleh mereka yang hanya melintas di kota Sumedang. Tempatnya tidak begitu jauh dari jalan utama, villa-villa nya pun bahkan sudah bisa dilihat dari jalan raya. Tak hanya itu, jika ada wisatawan yang belum mengetahui Makam Cut Nyak Dien dan akan berwisata ke tempat wisata ini, maka secara otomatis akan langsung mengetahui letak Makam Cut Nyak Dien, karena akses jalan ke Kampung Toga ini satu jalur dengan ke Gunung Puyuh, tempat Cut Nyak Dien dimakamkan.

Sebenarnya, Kampung Toga tidak terdiri dari satu tempat wisata, namun terdiri dari beberapa tempat wisata atau istilahnya adalah kawasan wisata terpadu. Di kawasan wisata terpadu ini, tersedia berbagai macam fasilitas rekreasi, uniknya semuanya ditunjang oleh suasana pedesaan khas bumi Parahyangan yang hijau dan asri, sesuai dengan konsep Kampung Toga sebagai kawasan wisata berwawasan lingkungan.

Salah Satu Kolam Renang Kampung Toga

Beberapa fasilitas wisata yang bisa dinikmati diantaranya adalah kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, lesehan, sampai tempat pertemuan (meeting), dan ruang terbuka. Selain itu, di kawasan ini juga dilengkapi fasilitas outbond berupa olah raga dirgantara seperti paralayang dan gantole. Bagi yang ingin menjelajahi lebih jauh, di daerah ini juga kita bisa mengunjungi Curug (air terjun) Sabuk, Curug Haurlawang, Benteng Belanda Pasirlaja, Benteng Belanda Pasirkolecer, dan Makam Cut Nyak Dien seperti yang telah disebutkan tadi.

Lekatnya ciri khas bumi Parahyangan bisa dilihat dalam beberapa hal, pertama tentu pada kontur kawasan tempat wisatanya. Tempat wisata ini dibangun di atas bukit, sehingga dibangun seolah bertrap-trap dan untuk menjelajahi satu tempat dan lainnya kita diharuskan untuk mendaki. Bahkan untuk kolam renang pun tidak terdiri dari satu tingkat, tapi terdiri dari beberapa kolam renang yang dibangun dalam lahan bertrap-trap, mirip sawah terasering yang bertingkat dengan sengkedannya.

Ciri khas kedua, keadaan alam yang hijau, ya, selain kawasan wisatanya yang memang sudah "hijau", dari atas puncak bukit Toga ini kita bisa melihat hamparan pesawahan, perkebunan dengan panorama khas tatar Sunda, dan dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Sumedang, sebuah paduan yang sempurna.

Villa Kampung Toga Sumedang
Image By : kampungtoga.com

Sedikit naik ke puncak bukit Toga, keluarga yang ingin bersantai bisa mencoba memancing di danau buatan di atas bukit, mancing bersama keluarga di atas perahu tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Danau buatan ini dikelilingi kebun buah-buahan, dan juga sebuah taman yang terdiri dari Tanaman Obat Keluarga, karena sejatinya nama Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.

Dan, tentunya semua pemandangan akan lebih berkesan jika bisa menikmatinya dari ketinggian, dengan olah raga dirgantara berupa paralayang tentunya pemandangan yang bisa dilihat akan lebih menarik lagi, tidak usah takut, karena disini juga telah disiapkan trainner yang berlisensi bagi mereka yang ingin belajar paralayang dan Master Tandem untuk mereka yang sekedar ingin menikmati indahnya panorama Kampung Toga dari udara.

Lelah berpetualang atau capek setelah kukucuprakan bermain air ? bisa langsung coba memesan menu ala Parahyangan, ya, karena disini juga tersedia aneka makanan dan minuman ala bumi Parahyangan yang disajikan di saung lesehan bernuansa alam terbuka. Masih capek ? malas pulang ? dengan dilengkapai fasilitas 20 buah villa berbagai tipe, tentu bisa juga kalau mau langsung menginap disini.

Bermottokan One Stop Adventure, Kampung Toga memang menyajikan beraneka ragam kegiatan wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung, mulai dari wisata di darat, air,sampai dengan udara. Bagi Sobat yang ingin mencoba petualangan wisata di Kampung Toga ini, bisa datang langsung ke jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan.

Kegiatan Paralayang di Kampung Toga
Image By : m.inilah.com

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Berwisata Ke Kampung Toga" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2015/08/berwisata-ke-kampung-toga.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar