Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Buah Kersen Dan Khasiatnya

Buah Kersen
Image By : forum.kompas.com

Buah kersen, buah ini biasanya sangat digemari oleh anak kecil, bahkan di desa-desa buah ini biasanya sering jadi buruan mereka, dimana ada pohon kersen pasti ada seorang anak yang sedang memanjat dan memetik buahnya. Banyak anak menggemari buah ini karena selain warnanya menarik, rasanya manis, juga dijamin tidak ada yang memarahi ketika memetiknya, memetik dimana saja tidak akan disebut mencuri karena pohonnya biasanya tumbuh secara liar. Admin pribadi sebagai anak desa dulu sangat menggemari buah ini, kalau sobat sendiri bagaimana ?? pernah mencicipi buah kersen ini ??

Buah kersen yang mempunyai nama latin Muntingia calabura L ini mempunyai pohon berbentuk perdu, tinggi pohonnya bisa sampai 12 meter. Dengan pohon yang cukup tinggi tersebut biasanya membuat anak semakin asyik memetik buahnya, mereka biasanya memetik beramai-ramai sambil berbincang dan bermain di atas pohon. Memang, akan sangat nyaman berdiam di atas pohon kersen ini karena daunnya membentuk naungan yang rindang, cabang-cabang pohonnya pun cenderung tidak membentuk sudut tidak terlalu curam, dan yang paling penting adalah pohonnya terhitung jarang dihinggapi ulat.

Pohon kersen biasanya tumbuh secara liar, tapi ada juga yang sengaja ditanam sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Di perkotaan, pohon kersen biasa dijumpai di tepi trotoar, lahan parkir, tepian sungai, ataupun di lahan atau bangunan yang tidak terpakai. Meski tumbuh liar, ternyata buah kersen mempunyai khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan kita diantaranya saja adalah mengobati asam urat, meredakan gejala flu, sebagai antibakteri atau antiseptic dan masih banyak lagi. Berikut beberapa khasiat daun kersen untuk kesehatan yang admin sadur dari tabloidcempaka.com

1. Hipertensi
Ambil daun kersen secukupnya, potong agak kecil-kecil
Jemur daun kersen tersebut sampai kering, seperti daun teh
Setelah daun kering seduh secukupnya dengan air panas untuk satu gelas
Tunggu beberapa saat hingga teh kersen terlarut dan air menjadi berwarna coklat
Minum dua gelas sehari secara berkelanjutan

2. Antidiabetes
Gunakan 50-100 gram daun kersen yang telah dicuci bersih
Rebus dalam seliter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya
Hasil rebusan tersebut diminum dua kali sehari secara berkelanjutan

3. Asam Urat
Makan kurang lebih sembilan butir buah kersen tiga kali sehari secara berkelanjutan
hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat.

4. Kolesterol
Rebus 1-2 gengam daun kersen segar dengan tiga gelas air hingga menjadi satu gelas
Minum ramuan tersebut tiga kali sehari secara berkelanjutan

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Buah Kersen Dan Khasiatnya"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar