Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Renyah Kenyal Cireng, Aci Digoreng

Cireng Siap Disantap
Image By : resepcaramemasak.info

Cireng (bukan gareng lho ya) adalah salah satu cemilan tradisional yang populer di tanah Sunda, ia biasa dijajakan di sekolah, pasar, kedai-kedai, sampai mall...saking merakyatnya, cemilan ini disukai berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua, sepertinya semua orang Sunda pasti pernah mencicipi cireng ini, guyonnya sih katanya belum jadi orang Sunda kalau belum pernah makan cireng. Oh ya, cireng adalah akronim dari aci digoreng, dengan kata lain proses membuatnya sendirilah yang dijadikan namanya. Aci adalah bahasa sunda dari tepung kanji atau tepung tapioka, jadi dalam bahasa Indonesia cireng adalah tepung kanji yang digoreng.

Seperti telah disebutkan diatas bahan utama untuk membuat cireng ini adalah tepung kanji, dan tentunya didukung bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang untuk membuat cireng dengan rasa standar, dan supaya lebih kaya rasa untuk variasinya bisa ditambahkan bahan-bahan lain seperti daging ayam, sosis, daging sapi, bakso dan lainnya dalam adonan bahannya. Untuk cireng dengan rasa yang standar biasa dijajakan keliling oleh pedagangnya di sekitaran sekolah dan pusat-pusat keramaian, sedangkan cireng dengan berbagai macam variasi rasa biasanya pedagangnya "mangkal" dengan gerobaknya.

Cireng enak dinikmati dalam keadaan hangat, karena dalam keadaan hangat biasannya cireng akan terasa renyah dibagian luarnya dan sedikit kenyal dibagian dalamnya, wangi bumbu-bumbunya pun akan lebih tercium, sementara kalau sudah dingin cireng akan alot, akan sedikit sulit mengunyah dan menelannya. Agar lebih nikmat, biasanya cireng disantap dengan bumbu berupa saus, bisa berupa saus bumbu kacang, saus sambal yang banyak tersedia di pasaran, sampai saus mayonaise, tapi biasanya orang Sunda banyak yang memilih saus yang yang berasa pedas untuk bumbunya, bahkan banyak yang suka mencocol cireng ini dengan sambel goang (ulekan cabe rawit, garam, dan bawang merah).

Bagaimana sob sudah terbayang bagaimana nikmatnya cireng ini ?? barangkali sobat ada yang mau coba membuatnya di rumah berikut resep membuat cireng renyah :

1. Bahan-bahan

Bahan pembuat utama dari resep satu ini adalah Tepung Tapioka atau juga dikenal dengan nama Tepung kanji atau Tepung Aci. Pilih yang bersih dan bebas bau apek sebanyak 250 gram
Satu sendok besar atau sendok makan Tepung Terigu dari merek favorite anda.
Seperempat bubuk merica atau bida ditambah atau dikurangin sendiri sesuai selera
Dua lembar daun seledri dan daun bawang. Pilih yang segar dan warnanya yang menarik.
200 mililiter (ml) Santan. Bisa juga menggunakan Santan instan yang banyak di jual di toko.
Empat siung bawah putih ukuran sedang. Lebih baik memakai bawang putih lokal supay aroma nya lebih keluar.
1/4 sendok teh atau sesuai selera garam dan penyedap rasa. Apabila anda penderita darah tinggi, sebaik nya penggunaan garam dan penyedap rasa bisa dikurangi.
Minyak secukup nya untuk menggoreng adonan yang sudah jadi.

2. Cara membuatnya

Pertama – tama, siapkan satu wadah yang bersih untuk mencampur satu sendok Terigu dan 250 gram tepung aci nya. Campur menggunakan spatula sampai benar benar tercampur dengan sempurna.
Siapkan penggorengan dan kasih minyak sedikit buat mennumis bawah putih yang sudah di haluskan. Aduk pelan pelan sampai keluar aroma harum khas bawang putih.
kemudian masukkan 200ml santan yang sudah disiapkan di atas ke dalam penggorengan tadi. Aduk pelan pelan tanpa henti sampa mendidih supaya santan tidak pecah.
setelah mendidih, matikan dan masukkan santan nya ke dalam wadah tempat pencampuran tepung di lnagkah pertama.
Tuangkan sedikit demi sedikit sambil di campur atau di aduk (di uleni). Untuk hasil yang rata, sebaik nya proses ini menggunakan tangan sampai campuran tepung dan santan terasa kalis. Jadi tunggu sampai santan tidak terlalu panas sehingga bisa di aduk dengan tangan.
Bentuk adonan tepung dan santan tadi sesuai selera. Disarankan bentuk nya tidak terlalu tebal sehingga dapat matang dengan sempurna dan tekstur nya empuk dan renyah.
Langkah terakhir masukkan ke penggorengan dengan api kecil. Penggunaan api kecil ini bertujuan supaya adonan tadi dapat tergoreng dengan semurna, empuk, renyah dan tidak gosong.

*Sumber resep dari resepcaramemasak.info/resep-cireng-empuk-renyah-dan-cara-membuatnya/

Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dalam judul post "Renyah Kenyal Cireng, Aci Digoreng" dengan link sebagai berikut ; "http://www.wewengkonsumedang.com/2014/12/renyah-kenyal-cireng-aci-digoreng.html

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar