Skip to main content
Insomnia Notes

follow us

Video : Tradisi Nyuci Pakarang

Pusaka Keraton Sumedang 

Beberapa waktu yang lalu kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, bagaimana perayaan Maulid Nabi di daerah sobat apakah penuh khidmat? terlepas dari pro dan kontra mengenai Maulid Nabi tersebut tentunya yang penting kita ambil sisi positif atau pelajarannya, seperti meneladani perilaku hidup baginda Nabi Muhammad SAW.

Berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi ini, di Sumedang ada sebuah tradisi untuk memperingatinya yaitu dengan melaksanakan tradisi unik yang sering disebut dengan Nyuci Pakarang atau mencuci pusaka, pusaka yang dimaksud disini adalah perkakas berupa peninggalan dari zaman kerajaan Sumedang Larang dan kerajaan sebelumnya.

Tradisi Nyuci Pakarang, tradisi Nyuci Pakarang ini dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi oleh keturunan atau wargi Sumedang Larang dimana pakarang atau pusaka keraton dicuci untuk menjaga kebersihannya, supaya terhindar dari karat karena memang pusaka yang dicuci mempunyai unsur logam seperti keris, pedang, dan kujang milik leluhur keraton Sumedang. Dengan demikian tradisi mencuci pakarang ini dimaksudkan untuk memelihara agar pusaka yang ada tetap awet dan tidak rusak.

Senjata Peninggalan Masa Kerajaan 

Tradisi Nyuci Pakarang ini dilaksanakan seminggu sebelum hari Maulid Nabi di Museum Prabu Geusan Ulun. Seperti pernah admin ceritakan dulu Museum Prabu Geusan Ulun ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Gedung Srimanganti, Gedung Pusaka, Gedung Gamelan, dan beberapa gedung lainnya, pusaka yang dicuci adalah tujuh pusaka yang ditempatkan di Gedung Pusaka (gambar pertama), baru kemudian ketika hari Maulid Nabi tiba pusaka yang telah dicuci ini dikeluarkan dari tempatnya dan kemudian diarak disekitaran Museum menuju ke Gedung Gamelan tempat acara Maulid Nabi dilaksanakan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat video liputan tentang Nyuci Pakarang dari sebuah TV swasta dibawah ini.

Video Keraton Sumedang Larang Gelar Nyuci Pakarang

Catatan : Foto atau gambar pusaka Sumedang diatas admin peroleh setelah mendapat izin dari petugas yang mendampingi ketika berkunjung, karena sebenarnya di Museum Prabu Geusan Ulun terutama di Gedung Pusaka terdapat pengumuman berupa larangan untuk mengambil gambar.

 Note : Di domain blog saya yang sebelumnya (www.wewengkonsumedang.com), artikel ini diterbitkan dengan judul "Video : Tradisi Nyuci Pakarang" dengan link sebagai berikut ; "www.wewengkonsumedang.com/2014/02/video-tradisi-nyuci-pakarang.html"

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar